Sukses

Lifestyle

Kenapa Kamu Harus Rajin Makan Tempe?

Fimela.com, Jakarta Tempe, makanan sederhana yang terbuat dari kedelai kadang tak lagi jadi makanan nomor satu di kalangan anak-anak muda zaman sekarang. Soalnya, sudah ada banyak makanan lain yang lebihmenarik penampilannya, lebih happening, modern, dan macam-macam. Tapi, ternyata masih ada lho girls, beberapa anak muda yang memang suka banget makan tempe. 

Bukan karena mau ngirit, tapi tempe buat mereka adalah makanan kesukaan yang enaknya luar biasa. Mulai dari tempe goreng, rebus, atau juga bisa campuran dalam tumis sayuran, semuanya jadi makanan favorit mereka. Bahkan, anak-anak muda yang mulai ikut diet raw food, memakan tempe dalam keadaan masih mentah! 

Ternyata, kembalinya tempe sebagai makanan yang digemari anak-anak muda mengundang perhatian beberapa orang asing. Mereka yang mencobanya di Indonesia dan langsung jatuh cinta, kemudian belajar dari orang-orang Indonesia, cara membuat dan juga mengolahnya. Mereka lantas membawa tempe ke negara mereka, menjual, dan memperkenalkan tempe ke seluruh dunia. Nah, sebelum tempe lebih diterima di kalangan internasional, lebih baik kamu juga ikut andil dalam melestarikan makanan khas Tanah Air ini. Lagi pula, tempe juga sangat bergizi, lho!

Resep sambal tempe untuk buat santapan tambah nikmat. (Via: dailymoslem.com)

Dilansir dari Forum Tempe Indonesia, tempe ternyata mengandung banyak vitamin. Salah satunya B12. Setiap 100 gram tempe, mengandung 0,12 mikrogram B12. Nah, jumlah ini sama dengan jumlah vitamin B12 yang kamu dapatkan dari seperempat dada ayam. Kamu sebenarnya memerlukan vitamin B sebanyak 6 mikrogram setiap hari. 

 

Selain itu, tempe juga mengandung banyak protein, lho. Kamu tahu, kan, kaki ayam atau ceker sangat tinggi protein. Nah, kalau kamu nggak suka dengan ayam atau makan makanan sumber protein lainnya yang rendah lemak, lebih baik kamu pilih tempe. Karena, setiap 100 gram tempe mengandung 17 gram protein. Tempe, meski tinggi protein, mengandung lemak dengan jumlah yang sedikit dan sama sekali nggak punya kolesterol. Jadi, cocok banget buat kamu yang sedang diet. 

Tempe di Oxford University, Inggris. foto: PPI-Oxford

Tapi, kamu yang ingin diet dengan memakan banyak tempe juga harus ingat, ya. Tempe yang sehat dan nggak mengandung banyak lemak adalah tempe yang dimasak dengan cara yang juga sehat. Jadi, kamu lebih baik mengolah tempe tanpa minyak dan santan, ya. Misalnya seperti dikukus, disayur, atau juga direbus. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading