Sukses

Lifestyle

Kenapa Harus Makan Sayur Setiap Hari?

Fimela.com, Jakarta Makanan sehat sepertinya sudah mulai menyaingi makanan fast food yang nggak sehat buat tubuh, ya girls? Soalnya, sekarang ini sudah banyak restoran yang memang menyediakan makanan rumahan dan juga makanan yang lebih sehat dibandingkan dengan junk food. Selain restoran, juga banyak catering sehat lainnya yang membantu kamu untuk makan makanan sehat tanpa harus repot masak di rumah. Biasanya, menu andalan mereka adalah makanan berprotein tinggi dan sayuran

Ngomongin soal sayuran, ternyata masih banyak, lho cewek yang ogah makan makanan ini. Memang, warnanya yang hijau dan rasanya yang nggak segurih ayam goreng tepung serta nasi padang jauh berbeda. Kamu yang terbiasa makan makanan nggak sehat dengan banyak garam atau gula, apa lagi bahan pengawet pasti akan merasa bosan dengan sayuran yang diolah dengan cara yang sehat. 

Misalnya, dengan direbus, dikukus, atau bisa juga dimakan mentah. Sayuran mentah sebenarnya sudah lama ada di Indonesia dan cukup populer. Contohnya saja makanan-makanan khas Indonesia yang pakai lalapan. Misalnya selada, daun kemangi, dan lain sebagainya. Tapi, karena ada istilah baru raw food, segala sayuran mentah akhirnya beberapa tahun terakhir menjadi booming dan mulai banyak dikenal orang. 

Perkara sayuran ini, sebenarnya sudah banyak kamu dengar. Kalau sayuran adalah makanan sehat, dan harus kamu konsumsi setiap hari. Tapi, tahukah kamu kenapa kamu harus mengonsumsinya setiap hari tanpa ada 'waktu libur'? 

Sayur-Sayuran. foto: tendertouchmobilelabs.com

Dilansir dari Daily Mail, ada sebuah penelitian yang dilakukan University of Queensland. Penelitian ini menemukan delapan atau lebih porsi sayuran akan meningkatkan kesehatan mental. Sementara itu, Dr Redzo Mujcic mengatakan kepada Daily Mail, kamu sebenarnya harus memakan beragam sayuran. Bukan cuma sayuran hijau brokoli saja. Tapi semua sayuran, baik yang hijau, ungu, dan lainnya. 

Soalnya, Redzo melanjutkan, kamu harus makan delapan macam sayuran setiap hari. Ini adalah ketetapan ideal agar kamu terhindar dari berbagai penyakit fisik dan juga mental. Kaitannya dengan kesehatan mental, otak ternyata juga membutuhkan sayuran, terutama zat hijaunya. Selain untuk menutrisi otak, juga berfungsi sebagai sapu untuk membersihkan racun pada pembuluh darah. 

Wortel. (Via: chacha.com)

Nah, kalau pembuluh darahmu bersih, nggak akan ada yang namanya stroke, atau serangan jantung. Efek baik lainnya adalah nggak bakal ada oksigen yang diantar darah merah ke otak terhambat di jalan lantaran pembuluh darah tersumbat. Jadi, mulai sekarang, kamu harus makan semua sayuran. Juga, harus memakan sayuran setiap hari, bukannya seminggu sekali atau kalau sedang ingin. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading