Sukses

Lifestyle

Jangan Air Es, Ini Alasannya Kamu Harus Minum yang Hangat-hangat

Fimela.com, Jakarta Air dingin, apa lagi kalau kamu minum di saat cuaca sangat panas, bisa membuatmu menjadi lebih lega. Bahkna, air dingin, apa lagi sedingin es, sering banget disebut-sebut sebagai penyelamat di kala dahaga mengyiksa. Air es memang memiliki kelebihan; membuat kamu merasa berada di tempat yang sejuk. Rasa hausmu itu memang seketika akan langsung hilang. 

Tapi, girls, tahukah kamu kalau air es sebenarnya nggak bagus buat kesehatanmu? Mungkin kamu dulu sering terjangkit sakit tenggorokan lantaran sering minum air es. Bahkan kamu meminumnya setiap hari. Saat kamu duduk di bangku sekolah, ingat nggak, kamu pulang ke rumah di tengah cuaca yang sangat terik. Karena lapar, kamu akhirnya beli bakso di pinggir jalan dan minum air es. 

Ternyata,air es tak baik untuk tubuhmu bukan karena kamu bakal batuk-batuk atau pilek. Tapi, dilansir dari Daily Health Post, pada penelitian yang dilakukan Journal of Physiology, air dingin tak baik untuk pencernaanmu. Jadi, kalau kamu minum air dingin sambil atau setelah makan, lemak makanan yang kamu mkana itu akan membeku. 

Jangan terlalu sering mengunyah es batu kalau tak ingin 5 hal ini terjadi padamu. (Via: dentalplans.com)

Makanan yang kamu makan pun menjadi lengket. Ini akan membuat makanan dan lemak yang sudah masuk ke dalam perutmu membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Selain itu, air es juga akan memengaruhi limpa. Jadi, dalam ilmu akupungtur, limpa itu membutuhkan temperatur tertentu, untuk bekerja dengan maksimal dan baik. 

Nah, pada saat kamu minum air es, suhu limpamu juga akan berubah danmenjadi lebih dingin. Pada saat inilah, limpamu tak lagi bekerja dengan baik. Nah, kalau kamu jadi sakit flu dan batuk usai minum air es, ternyata ini karena air es membuat sistem imunmu lemah. Sementara, air hangat akan membuat sistem imunmu bekerja dengan baik. 

Es kelapa muda Tjampolay, minuman khas Cirebon yang dipesan Nani Wijaya untuk resepsinya. (Adrian Putra/Bintang.com)

Selain itu, air hangat juga bisa meluruhkan lemak yang ada dalam tubuh. Jadi, lemak yang tadinya membeku bisa menjadi lebih cair sehingga lebih mudah dicerna. Ini juga yang menjadi alasan kenapa banyak cewek yang sedang diet cenderung lebih banyak meminum air hangat dibandingkan dengan air es. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading