Sukses

Lifestyle

Jangan Dibuang, Ternyata Rambut Jagung Juga Menyehatkan

Fimela.com, Jakarta Jagung, memang termasuk biji-bijian yang kaya akan manfaat. Banyak cewek-cewek yang sedang berdiet mengonsumsi jagung, baik direbus atau pun mentah. Tapi, tahu nggak, sih, bii jagung bukan satu-satunya makanan yang menyahatkan, lho. Jadi, kebanyakan orang cuma tahu biji jagung saja yang bermanfaat. Padahal, rambut jagung yang kerap dibuang itu pun punya manfaat yang luar biasa. 

Dilansir dari Aku Sehatku, rambut jagung mengandung banyak protein, karbohidrat, mineral potasium, vitamin K, C, dan juga serat. Selain itu juga, menurut situs Manfaat, rambut jagung mengandung flavonoid, saponin, dan B-Karoten. Meskipun kandungannya nggak banyak, rambut jagung juga mengandungzat samak, minyak atsiri,, lemak, alantoin, maysin, serta viteksin. 

 

Rambut jagung yang berwarna kuning keemasan ini ternyata sudah lama digunakan nenek moyang. Bukan sebagai makanan biasa, tapi juga sebagai obat. Dilansir dari media yang sama, biasanya rambut jagung ini diolah dengan berbagai cara, tergantung dari tujuan dan fungsinya. Misalnya, sebagai obat diabetes. Rambut jagung harus kamu keringkan terlebih dahulu, baru direbus dengan 2 setengah gelas air. Masak sampai air rebusan berubah menjadi kecokelatan. Nah, biasanya, orang-orang yang memiliki penyakit diabetes harus meminum air rebusan ini secara teratur. 

Rambut jagung yang muncul dalam sekam ternyata juga memiliki manfaat kesehatan. Foto: amazinghealthyfood.com

Ada juga yang nggak mengolahnya dengan merebus. Seperti ramuan untuk menyembuhkan infeksi saluran kemih. Kamu hanya perlu menyeduhnya dengan air panas. Tapi, seperti ramuan sebelumnya, kamu lebih baik mengeringkan rambut jagung ini dulu dengan cara dijemur. Setelah kering, tuangkan air panas dan minum, minimal 2-3 kali sehari. 

Air rebusan dan teh rambut jagung ini ternyatakhasiatnya lumayan banyak lho. Selain untuk infeksi saluran kemih dan diabetes, rambut jagung juga ini juga berkhasiat untuk membersihkan ginjal. Sehingga, nggak akan ada lagi ampas-ampas atau kotoran yang nggak ikut terbuang lewat air kencing. Buat kamu yang memiliki tekanan darah tinggi, teh ini juga sangat baik. 

Tinggi Vitamin C dan mineral, jagung bisa atasi kulit iritasi dan rambut lebih lembut. (Foto: cornsuits)

Tapi jangan juga melupakan makanan sehat, ya. Soalnya, tubuh yang sehat memang memerlukan ramuan tradisional tanpa bahan kimia dan pengawet. Meskipun begitu, jangan cuma mengandalkan ramuan tanpa mengonsumsi makanan-makanan sehat dan berhenti mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa membuat tubuhmu semakin lemah. Selamat mencoba terapi teh rambut jagung, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading