Tips Aman Buat Para Cewek yang Mau Jalan-jalan Sendiri ke India

Asnida Riani18 Apr 2017, 15:40 WIB
[Bintang] Travel

Bintang.com, Jakarta India memang tak punya reputasi sebagai negara paling aman untuk disambangi para cewek yang mau solo travel. Namun demikian, bukan berarti wilayah yang di utaranya berbatasan dengan Pegunungan Himalaya ini tak sepadan dan jauh dari menarik untuk disinggahi.

Bukan semata berbekal tekad dan nekat, kamu juga mesti tahu sederet tips agar perjalanan tak hanya menyenangkan, namun juga aman. Tak terlalu sulit kok, apalagi kalau kamu sudah biasa pelesiran sendiri atau minimal punya pengalaman solo travel.

Di samping harus tetap waspada seperti biasa, yang perlu dilakukan hanya sedikit beradaptasi dengan kultur lokal. Secara garis besar kehati-hatiannya mungkin sama, tapi tetap ada beberapa aspek yang mesti mengerucut. Ketahui dan aplikasikan tips-tips berikut, maka pelesiran sendiri ke India tak lagi jadi angan semata.

Jaisalmer, Rajasthan, India. (Rajesh Goraniya/Bored Panda)

Tersenyum. Jangan pelit senyum, namun juga jangan terlalu murah senyum. Lihat keadaan dan pastikan orang yang disenyumi paham kalau tindakan tersebut semata menjunjung keramahan, tanpa ada maksud lain.

Misalnya saat menerima kembalian sehabis membeli sesuatu, mengucap terima kasih sambil tersenyum merupakan tindakan yang disarankan. Secara terang-terangan, warga lokal biasanya akan menatap intens. Bila menurutmu aman, maka tak ada salahnya untuk membalas pandangan sambil tersenyum.

Usahakan Tak Memakai Jasa Porter

Selalu bawa barang bawaan sendiri. Berjaga-jaga, apalagi jika kamu baru pertama kali pergi ke tempat tersebut. Jangan pernah membiarkan porter membawa barangmu, terlebih apa-apa yang penting. Lengah sedikit, bukan tak mungkin bebawaanmu akan lenyap bersama si porter yang entah ke mana.

Udaipur, Rajasthan, India. (two-browngirls.com)

Karenanya, berkemas dengan begitu ringkas jadi satu syarat yang mesti diingat benar-benar. Berlebih membawa sejumlah barang berarti kamu sudah siap memikul beban backpack atau koper yang lebih berat. Ingat, jangan sampai overpack!

Jangan takut menegur. Pelecehan terhadap turis cewek di India bukanlah kasus asing. Mengingat fakta yang demikian, kamu jangan takut untuk menegur bila sudah merasa tak nyaman, bahkan hanya di sebatas pandangan yang dilayangkan saat tengah berada di kereta api atau bus.

Taj Mahal, Agra, Uttar Pradesh, India. (goodfon.su)

Tak langsung marah-marah, teguran ini bisa dilakukan dengan sopan dan baik-baik. Karena tentu saja setiap tatapan tak berarti ia atau mereka ingin berbuat jahat. Dalam beberapa kesempatan, pengamatan itu mungkin sekedar berlatarbelakang rasa penasaran.

Jangan Terlalu Nampak Seperti Turis

Berpenampilan normal. Jangan terlalu kelihatan seperti turis dengan selalu mengalungkan kamera dan membawa peta di tangan. Kalau itu yang dilakukan, kamu akan jadi sasaran empuk bagi para penjahat. Cobalah untuk membaur dengan lebih alami.

Jodhpur, Rajasthan, India. (aussieindiaholidays.com.au)

Disarakan untuk membawa sari selama perjalanan. Dengan begitu, kamu bisa masuk kuil atau tempat-tempat yang memang diharuskan mengenakan busana khas India tersebut. Di samping itu, kamu pun jadi turut menghormati kearifan budaya lokal.

Jangan naik bus atau kereta malam. Lebih baik menginap dan melanjutkan perjalanan keesokan harinya ketimbang kamu harus naik bus atau kereta api di malam hari. Tak selalu memang, namun kemungkinan jadi korban kejahatan bisa melonjak ke persentase yang mengejutkan.

Ladakh, India. (kashmirtourism.org)

Bila kamu berencana pindah cukup jauh, pertimbangkan naik pesawat terbang atau sekalian saja menjadwalkan mampir ke sejumlah wilayah yang dilewati. Mungkin akan sedikit repot dan memakan biaya, namun lebih baik demikian daripada berada di situasi tak aman. Selebihnya, kamu hanya perlu positive thinking sambil terus hati-hati. Tenang, India tak semenakutkan itu kok.

Lanjutkan Membaca ↓