Jangan Dibuang, Biji Semangka Juga Bermanfaat Buat Kesehatan

Karla Farhana18 Apr 2017, 22:28 WIB
Jangan Dibuang, Biji Semangka Juga Bermanfaat Buat Kesehatan

Bintang.com, Jakarta Siapa yang suka makan semangka? Buah yang mengandung banyak air ini memang sangat cocok di negara tropis. Apa lagi kalau kamu memakannya di siang hari yang panas. Semangka yang kamu makan baru saja dipotong dan dikeluarkan dari kulkas. Seperti meminum minuman segar, rasa manisnya yang nggak berlebihan menghilangkan dahagamu. 

Bukan cuma lezat, buang berkulit belang hijau ini memang mengandung banyak vitamin. Tapi, banyak banget orang yang lupa dengan bijinya. Ya, biji semangka yang kecil dan hitam kerap kali dibuang. Bukan cuma takut usus buntu, tapi juga sebagian cewek nggak suka dengan semangka berbiji. Sampai-sampai, beberapa tokok buah dan supermarket menyediakan semangka, baik yang merah atau pun kuning, tanpa biji. 

Padahal, biji semangka juga nggak kalah bagus dari buahnya. Dilansir dari Health Line, biji semangka sering banget dipanggang seperti kacang-kacangan. Bukan cuma buat camilan biasa. Tapi juga kerap menjadi camilan buat para cewek yang sedang melakukan diet. 

Semangka. (Via: boredpanda.com)

Situs itu juga menulis soal kandungan-kandungan yang ada pada biji semangka. Meskipun kecil, ternyata biji semangka termasuk dalam salah satu biji-bijian yang kaya gizi. Biji semangka sering banget dimakan sama orang yang lagi diet. Ini karena setiap 1 ons mengandung 158 kalori. Kalorinya lebih sedikit dari 1 ons kentang, girls. Makanya, bagus banget buat kamu yang lagi diet. 

 

Selain itu, biji semangka juga kaya akan magnesium yang bagus banget buat metabolisme tubuh. Terus, juga ada zat besi, lho. Nah, kamu tahu kan, sekarang kalau zat besi nggak cuma ada pada bayam. Selain itu, juga ada asam folat yang penting banget buat otakmu. 

Es semangka. (Via: yellowblissroad.com)

Tapi, kalau kamu ingin memanggang biji semangka sendiri, sepertinya kamu harus latihan dulu, deh. Atau minimal kamu harus tahu langkah-langkahnya. Sebenarnya nggak susah, sih. Kamu tinggal panggang saja dengan suhu kira-kira 160 derajat celsius. Panggang selama 15 menit. Kamu harus cek apakah sudah krispi atau belum. Caranya dengan mengaduk biji semangka. Nah, kalau sudah krispi, biji semangka sudah siap kamu nikmati.