Sukses

Lifestyle

Nggak Perlu Mati-matian Diet, Ini Cara Bangun Kepercayaan Diri

Fimela.com, Jakarta “Seandainya badan aku kayak dia.” “Coba aku punya perut rata.” “Segala macam cara sudah dicoba, berbagai makanan dan obat diet juga sudah dimakan, tapi kenapa badan aku nggak bisa seperti miliknya.” Itulah berbagai hal yang akan kamu dengar atau pun kamu ucapkan sendiri ketika tengah berkumpul bersama teman-temanmu.

Ya, rasanya para cewek akan dengan sangat mudah menemukan sesuatu hal yang dia anggap sebagai kekurangan dalam dirinya. Banyak cewek yang berharap memiliki tubuh ideal yang selalu mereka lihat di televisi atau pun berbagai media lainnya. Meskipun sebenarnya mereka pasti sudah tahu bahwa berbagai fot-foto cewek dengan tubuh sempurna tersebut bisa jadi telah diedit atau memang hanyalahsebuah hasil Photoshop.

Dilansir dari Verilymag.com, Social Issues Research Center menemukan bahwa delapan dari sepuluh cewek dilaporkan tidak suka melihat tubuhnya sendiri dicermin. Alih-alih menghargai tubuh mereka, mereka melihat versi diri mereka yang tidak akurat, sehingga menyebabkan perasaan membenci diri sendiri.

Nggak Perlu Mati-matian Diet, Ini Cara Bangun Kepercayaan Diri. (Foto: amazonaws.com)

Julia Hogan yang merupakan seorang terapis dalam tulisannya yang dipublish oleh Verilymag.com mengatakan saat kamu mengkirik tubuh kamu, sebenarnya kamu tengah memasang jebakan untuk dirimu sendiri karena yang kamu inginkan secara statistik tidak realistis.

Untuk mendapatkan bentuk tubuh yang diinginkan banyak cewek yang berusaha mati-matian untuk mewujudkannya. Mulai dari diet sehat hingga diet berbahaya, olahraga mati-matian. Kalau tidak sesuai harapan? Kamu akan kecewa lantaran banyak hal yang kamu usahakan ternyata gagal.

Nggak Perlu Mati-matian Diet, Ini Cara Bangun Kepercayaan Diri. (Foto: allisonfallon.com)

Coba tanyakan pada dirimu, untuk apa kamu diet? Benarkah hanya karena ingin mendapatkan tubuh yang langsing? Atau kamu menganggap bahwa jika nanti tubuhmu langsing kamu akan lebih percaya diri berjalan keluar rumah, membeli baju di mal dan sebagainya?

Berterima Kasih dengan Apa yang Kamu Miliki

Jangan hanya karena ingin memiliki tubuh yang langsing seperti model-model yang terpampang di majalah kamu jadi diet mati-matian. Lagi pula coba pertanyakan pada diri sendiri, apakah langsing menjadi satu-satunya cara yang bisa kamu ambil untuk memiliki kepercayaan diri? Apakah kepercayaan diri hanya akan dimiliki oleh para cewek yang ukuran bajunya S saja?

Kurus, gemuk, atau apapun ukurannya, kamu memang harus tampil percaya diri dengan segala hal yang kamu miliki. Ada dua hal yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan rasa kepercayaan diri dan keluar dari bayang-bayang negatif tentang dirimu sendiri. Simak ulasannya di bawah ini seperti dilansir dari Verilymag.com.

Berterima Kasih dengan Apa yang Kamu Miliki. (Foto: huffpost.com)

Gantilah Kata “Saya Berharap” Menjadi “Saya Sangat Bersyukur untuk”

Bagaimana kalau kamu hanya berfokus pada sesuatu yang sudah kamu miliki? Sebuah studi yang dilakukan oleh Ohio State University menemukan ketika para cewek berfokus hanya pada tubuh yang sudah dimilikinya, maka mereka akan lebih menghargai dirinya sendiri. Membuat harapan memang tidak dilarang, tapi jangan juga karena terlalu terobsesi kamu malah melakukan hal-hal yang sebenarnya tak perlu, seperti operasi plastik contohnya.

Biarkan orang lain melihat dirimu apa adanya, karena mereka pasti juga akan lebih senang berteman dengan seseorang yang jujur dan tampil apa adanya. Kulitmu, rambutmu, wajahmu, setiap bagian tubuhmu membuat dirimu unik dan berbeda dari orang lain. Dengan mengganti “Saya berharap” menjadi “Saya sangat bersyukur untuk” akan dengan sendirinya membantu kamu tampil lebih percaya diri dengan apa yang kamu miliki.

Berterima Kasih dengan Apa yang Kamu Miliki. (Foto: psychologies.co.uk)

Cintai Dirimu Sendiri Seperti Kamu Mencintai Dirinya

Jika kamu merasa kesulitan untuk menemukan berbagai hal yang kamu suka tentang dirimu sendiri, maka cobalah berpikir tentang bagaimana kamu sangat menyukai sahabat atau adik perempuanmu. Kamu sangat suka dengan apa yang mereka miliki? Maka, itulah yang harus kamu lakukan terhadap dirimu sendiri.

Lakukanlah berbagai hal yang kamu sukai, tentunya yang tidak menyakiti tubuhmu sendiri. Kamu ingin memiliki tubuh yang lebih sehat? Jawaban yang pasti adalah dengan berolahraga. Kamu ingin memiliki kulit yang bagus? Lakukan perawatan secara rutin di rumah. Ya, kamu tidak perlu melakukan perawatan di salon yang mahal karena kamu bisa memanfaatkan apa yang kamu miliki dirumah.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading