Sukses

Lifestyle

Nggak Punya Uang, Amankah Kuliah dengan Uang Pinjaman?

Fimela.com, Jakarta Melanjutkan pendidikan yang jenjangnya lebih tinggi memang nggak mudah. Kamu harus memiliki modal untuk membayar uang SPP dan juga pendaftaran. Buat sebagian orang, biaya pendidikan itu agak berat, girls. Nggak jarang orang-orang yang baru lulus SMA nggak bisa lanjut kuliah karena keterbatasan biaya. 

Sementara, beasiswa juga nggak mudah untuk didapat. Nah, akhirnya, banyak banget orang yang akhirnya meminjam duit untuk biaya kuliah. Kalau di negara-negara Eropa, Australia, dan Amerika, pinjaman ini disebut Student Loan. Jadi, kamu pinjam uang untuk kuliah dulu, masuk kuliah sampai lulus, baru kamu cicil untuk membayar pinjaman tersebut. 

Kalau dipikir-pikir, enak juga, ya! Kamu jadi bisa kuliah tanpa harus pusing soal biaya. Nah, perkara harus bayar utang, ya itu urusan nanti. Lagian, saat kamu harus membayar pinjaman itu, kamu sudah mendapatkan pekerjaan. 

Apa yang kamu janjikan itu pula yang harus kamu tepati. (Foto: fabandfru.com)

Tapi sayangnya, menurut Student Loan Hero, ada sisi baik dan buruk dari student loan ini. Buruknya, jurusan dan titel kamu setelah lulus nanti belum tentu bikin kamu cepat dapat pekerjaan. Belum tentu juga gajinya seperti yang kamu harapkan. Masalah kayak gini sudah banyak contohnya, girls. Di Amerika Serikat sendiri, 8,1 persen yang berumur 20-24 tahun malah jadi pengangguran.  

Artinya, mereka belum juga dapat pekerjaan setelah lulus, dan akhirnya nggak bisa membayar pinjamannya. Sementara, utang itu akan terus bertambah dengan adanya bunga utang. 

Meskipun begitu, pinjaman uang untuk kuliah nggak bisa dikatakan utang yang buruk. Di satu sisi, kamu membutuhkannya demi mendapatkan pendidikan yang layak dan jenjang lebih tinggi. Di sisi lain, lulus dari universitas ternama di luar negeri sekali pun bukan jadi garansi mendapatkan pekerjaan yang layak dengan gaji sesuai ekspektasi. 

Ilustrasi kuliah | Via: salon.com

Mungkin, di titik inilah kamu harus berpikir matang-matang. Kamu yang ingin berkuliah mungkin sangat membutuhkan uang ini. Tapi, pastikan, paling nggak usahakan, kamu mendapatkan pekerjaan usai lulus kuliah. Media tersebut memberi tips, selama kamu kuliah, lebih baik kamu juga mencari pekerjaan sampingan. 

Selain itu mendapatkan tambahan uang, kamu juga bisa menabung untuk berjaga-jaga, kalau kamu membutuhkan waktu lebih lama sampai mendapatkan pekerjaan yang layak. Yang penting, kamu harus terus berusaha untuk membayar utang tepat waktu, ya. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading