Siapa Bilang Nggak Bisa Liburan Hemat di New York City?

Asnida Riani21 Mei 2017, 13:40 WIB
[Bintang] Amerika Serikat

Fimela.com, Jakarta New York City dengan gedung-gedung pencakar langitnya. New York City dengan trotoar sibuk di hampir 24 jam penuh. New York City dengan kehidupan subway-nya. New York City dengan keberagamannya yang tak tertandingi. Ah New York City memang terlalu memukau untuk dilewatkan.

Namun ada satu hal yang kerap kali mengganjal. Ya, pembicaraan ini tak lain tak bukan adalah biaya. Banyak yang mengatakan kalau New York City bukanlah destinasi yang ramah untuk dompet. Mungkin memang tak semurah beberapa nama lain di Amerika Serikat, namun, seperti di kebanyakan tempat, kamu bisa kok menyiasati pengeluaran.

Pada dasarnya, kebutuhan setiap orang memang berbeda. Ada yang cukup hidup dengan USD24 setiap hari, namun sisanya mungkin perlu USD240 untuk memenuhi kebutuhan. Namun secara garis besar, kamu bisa menekan pengeluaran berdasarkan kebutuhan pokok macam biaya makan dan akomodasi. Sebagaimana dimuat timeout.com, berikut tips liburan hemat di New York City.

New York, Amerika Serikat. (Sumber Foto: Marcela Nowak)

Kalkulasi perjalanan subway.Merupakan moda transportasi yang biasa digunakan, menghitung seberapa banyak perjalanan subway bisa jadi cara memangkas pengeluaran. Terdapat berbagai opsi kamu yang mesti diketahui.

Apakah kamu mesti membeli MetroCard 30 hari seharga USD121 untuk hanya 47 perjalanan, atau membayar kartu yang berlaku selama 7 hari untuk unlimited perjalanan seharga USD32. Jadi, jangan lupa sesuaikan banyak perjalanan subway dengan kartu yang akan dibeli agar pengeluarannya efisien.

Masak Makananmu Sendiri!

Jangan selalu makan di luar. Mungkin akan terdengar merepotkan dan sayang, lantaran kamu tak bisa mencoba banyak kuliner. Namun untuk kemaslahatan dompet dan kesehatan, kamu harus pandai mengombinasikan kapan harus memasak makanan sendiri dan kapan mesti makan di luar.

Memasak bersama saat traveling. (Sumber Foto: darlingpanslove.tumblr.com)

Kalau keadaannya sudah begini, pastikan tempatmu menginap dilengkapi dapur. Sempatkan berbelanja bahan makanan yang mudah diolah agar sewaktu-waktu memutuskan memasak, kamu sudah punya bahannya. Bila punya teman perjalanan, kamu juga jadi bisa masak bersama.

Perhatikan diskon di toko-toko tertentu. Potongan harga ini mesti diperhatikan lebih bila adanya di toko penjual bahan makanan atau restoran. Mungkin tak terlalu banyak, namun bila beberapa toko sekaligus yang menawarkan diskon, maka secara tak langsung kamu sudah sedikit menghemat.

New York, Amerika Serikat. (Sumber Foto: Marcela Nowak)

Toko yang baru buka biasanya akan menawarkan diskon lebih. Jadi, pastikan matamu memerhatikan dengan baik selama menjelajah kota. Tak mudah memang, namun bukan berarti tak mungkin dilakukan. Jadi, New York City ternyata tak semahal itu kan?

Lanjutkan Membaca ↓