Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Kweetiau Kuah Vietnam

Fimela.com, Jakarta Sekali-kali buka puasanya jangan pakai nasi terus, makan mi juga mengenyangkan kok. Nah, kali ini Bintang Tasty akan membagikan resep membuat Kweetiau Kuah Vietnam. Rasanya pasti bikin badan seger, dan bisa jadi teman es campur atau sop buah.

Di negara asalnya, sajian berkuah ini disebut pho bo. Aromanya dominan rempah jahe, kayu manis, dan pekak. Cabai rawit dan air jeruk nipis menyumbang rasa pedas dan asam yang kuat. Untuk membuatnya kamu memerlukan beberapa bahan seperti yang ada di bawah ini.

1.500 ml kaldu sapi

4 cm kayu manis

1 buah pekak/bunga lawang

2 sdm minyak untuk menumis

4 siung bawang putih, memarkan

3 cm jahe, memarkan

150 g bawang bombai, iris membujur 1 cm

2 sdt garam

Menu Buka Puasa: Kweetiau Kuah Vietnam. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

½ sdt merica bubuk

2 sdm kecap ikan

200 g daging sukiyaki

400 g kweetiau basah, siram air panas, tiriskan

100 g taoge, buang akarnya

5 buah cabai rawit merah, iris halus

2 batang daun bawang, iris tipis

1 sdm daun ketumbar cincang

2 tangkai daun mint, cincang

1-2 sdm air jeruk nipis

Menu Buka Puasa: Kweetiau Kuah Vietnam. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

Untuk cara membuatnya kamu bisa melihat video selengkapnya di bawah ini. Selamat mencoba dan selamat buka puasa ya.

1. Masak kaldu bersama kayu manis dan pekak di atas api kecil hingga mendidih dan tercium aroma harum. Sementara itu, panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang putih dan jahe hingga harum, lalu tambahkan bawang bombai, aduka sampai layu. Masukkan tumisan bumbu ke dalam panci berisi kaldu.

2. Tambahkan garam, merica, dan kecap ikan, lalu masukkan daging sukiyaki. Masak sampai daging berubah warna dan kuah mendidih, angkat.

3. Masukkan kwetiau ke dalam beberapa buah mangkuk. Tambahkan taoge, cabai rawit, daun bawang, daun ketumbar, dan daun mint.

4. Tuang kuah beserta daging ke dalam mangkok. Tambahkan air jeruk nipis, sajikan hangat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading