Sukses

Lifestyle

Menu Sahur: Beef Burger BBQ Sauce

Fimela.com, Jakarta Semakin berjalannya waktu puasa, rasa ingin sahur pada beberapa orang bisa jadi memudar. Padahal, untuk melancarkan ibadah Puasa, sahur penting untuk dilakukan. Salah satu cara untuk semangat sahur adalah dengan menyiapkan menu sahur yang favorit.

Nah, untuk membangkitkan nafsu sahur, kali ini Bintang Tasty punya menu sahur favorit, nih, buat kamu. Adalah Beef Burger BBQ Sauce, yang jadi menu pilihan sahur kali ini! Yay! Untuk membuatnya, kamu nggak perlu khawatir soal bahan dan cara membuatnya. Kayak burger pada umumnya, kamu perlu menyiapkan roti burger, sayuran, dan daging tentunya. Namun, biar tambah lezat, kamu perlu menambahkan beberapa bahan tambahan. Biar lebih jelas, yuk, simak resep dari Chef Arum berikut ini. 

150 daging cincang
50 g bawang bombai cincang halus
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
1 sdt tepung roti putih
1-2 sdm putih telur
4 sdm minyak zaitun
2 buah roti burger
1 sdm mayones
2 lembar lettuce
4 iris tomat merah
4 lembar keju cheddar asap lembaran
Kentang goreng, untuk pelengkap

Saus
1 sdm margarin
1 siung bawang putih, cincang
50 g bawang bombai cincang
1 sdm saus tomat
3 sdm saus BBQ
100 ml kaldu/air
¼ sdt merica hitam bubuk
½ sdt gula pasir
¼ sdt garam
½ sdt tepung maizena, larutkan dengan sedikit air

Beef Burger BBQ Sauce. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

Cara membuat:

Beef Burger BBQ Sauce. (Fotografer: Daniel Kampua/DI: M. Iqbal Nurfajri/Chef: Arum Sari)

1. Campur daging bersama bawang bombai, garam, merica, tepung roti, putih telur, dan 1 sdm minyak zaitun. Uleni bahan dengan tangan hingga tercampur rata. Bagi menjadi 2 bagian, bentuk bulat, lalu pipihkan hingga berbentuk bundar berdiameter 10 cm, sisihkan.
2. Panaskan sisa minyak zaitun dalam wajan datar, masukkan patty ke dalam wajan, goreng selama 3-5 menit untuk setiap sisinya hingga matang, angkat, sisihkan.
3. Saus: Panaskan margarin dalam wajan, tumis bawang bombai hingga harum, tambahkan saus tomat dan saus BBQ, aduk. Tambahkan kaldu/air, merica hitam, gula, dan garam. Masak hingga mendidih, masukkan larutan tepung maizena, aduk hingga mengental, angkat.
4. Penyelesaian: Celupkan patty ke dalam saus agar bumbu meresap. Ambil roti burger, belah mendatar. Olesi belahannya dengan mayones tipis-tipis. Taruh selembar lettuce di atas roti bagian bawah, lalu tambahkan 2 iris tomat, selembar keju, dan sebuah patty. Tutup denga belahan roti bagian atas. Sajikan bersama kentang goreng.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading