Sukses

Lifestyle

Menu Buka Puasa: Martabak Kulit Lumpia

Fimela.com, Jakarta Kamu penggemar martabak? Kalau sore menjelang berbuka, biasanya harus antre untuk beli martabak. Kenapa nggak kamu coba bikin sendiri aja? Hah, gimana bisa bikin kulitnya? Nggak harus persis dong, kulitnya bisa kita pakai kulit lumpai jadi biar lebih mudah. Rasanya tak kalah enak, loh. Yang penting saat bikin isi harus mantap rasanya!

Keuntungan dari membuat martabak sendiri adalah kamu jadi tahu bahan-bahan yang digunakan nih, dan pastinya lebih bersih. Jadi, tunggu apalagi, yuk, mampir ke supermarket dan beli bahan-bahan untuk membuat Martabak Kulit Lumpia seperti yang ada di bawah ini ya…

100 g daun bawang iris

100 g bawang bombai, cincang

6 butir telur bebek

16 lembar kulit lumpia

Minyak untuk menggoreng

Acar mentimun, untuk pelengkap

Menu Buka Puasa: Martabak Kulit Lumpia. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

Adonan daging

4 sdm minyak goreng

10 butir bawang merah, haluskan

4 siung bawang putih, haluskan

½ sdt merica bubuk

2 sdt garam

1 sdm bumbu kari bubuk

200 g daging cincang

Karena bikin sendiri pastinya isi dagingnya bisa kamu tentukan tuh. Cara membuatnya kamu bisa lihat dalam video Bintang Tasty di bawah ini ya.

Menu Buka Puasa: Martabak Kulit Lumpia. (Foto: Bintang.com/Daniel Kampua, Digital Imaging: Nurman Abdul Hakim/Bintang.com, Chef: Arum Sari)

1. Adonan daging: panaskan minyak dalam wajan, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, tambahkan merica, garam, dan bumbu kari, aduk hingga harum. Masukkan daging, aduk hingga rata dengan bumbu dan matang, angkat. Bagi menjadi 6 bagian.

2. Campur daun bawang dan bawang bombai, bagi menjadi 6 bagian. Pecahkan 1 butir telur di dalam mangkuk, tambahkan 1 bagian daging dan 1 bagian campuran daun bawang, aduk rata.

3. Panaskan minyak yang banyak dalam wajan. Ambil 1 lembar kulit lumpia, taruh ¼ adonan isi martabak di atasnya. Lipat bentuk amplop, rekatkan lipatannya denga air agar tidak terbuka.

4. Segera goreng martabak dalam minyak panas, balik-balik agar kedua sisinya matang, angkat, tiriskan. Lakukan hal yang sama hingga adonan habis.

5. Sajikan martabak kulit lumpia dengan acar mentimun.

 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading