Sukses

Lifestyle

Hati-hati, Ini Risiko Kalau Kamu Sering Menahan Buang Air Kecil

Fimela.com, Jakarta Menahan buang air kecil memang biasa dilakukan jika di tengah kondisi macet atau saat rapat yang tak mungkin ditinggal. Bahkan, untuk kamu yang sering terbangun di tengah malam pun suka tidur lagi karena malas untuk ke kamar mandi.

Meski sudah mengetahui bahwa hal tersebut berbahaya bagi kesehatan, terkadang menahan pipis sering dilakukan ketika keadaan memang mendesak. Memangnya seberapa lama sih bisa ditahan dan seberapa lama kamu bisa menahan buang air kecil?

Ini risiko ketika kamu sering menahan buang air kecil. Hati-hati ya, girls! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Dilansir dari KlikDokter, dr. Nadi Octavia mengatakan bahwa kapasitas fisik tubuh untuk menyimpan urin berbeda-beda karena diperngaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah jumlah urine yang diproduksi seseorang.

Namun pada umumnya cewek bisa menahan buang air kecil selama tiga hingga enam jam. Sementara itu, rata-rata kandung kemih memiliki kapasitas menahan cairan sebanyak 450 ml. Menahan buang air kecil dalam jangka panjang bisa membuat kandung kemih meregang.

Jika kamu memang tak ingin terlalu sering untuk bolak-balik ke kamar mandi atau toilet untuk buang air kecil, ada baiknya mulai dengan mengurangi konsumsi alkohol dan juga kafein. Jadi, ketika kamu tahu akan melakukan perjalanan panjang atau berada dalam rapat yang memakan waktu lama, jangan mengonsumsi dua hal tersebut, ya!

Ini risiko ketika kamu sering menahan buang air kecil. Hati-hati ya, girls! (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Sementara itu, ketika kamu sering menahan buang air kecil, tubuh bisa berpotensi erkena infeksi saluran kemih. Semakin lama urine tertahan, maka kandung temih berpotensi menjadi sarang bakteri.

Lalu, apa sih infeksi saluran kemih dan apa yang terjadi pada tubuh dan otak ketika terlalu lama dan sering menahan buang air kecil? Yuk, cari tahu di sini! Selalu hati-hati dan jaga kesehatan dengan baik ya, girls!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading