Sukses

Lifestyle

Meski Kedaluwarsa, Makanan dan Minuman Ini Masih Bisa Dikonsumsi

Fimela.com, Jakarta Semua cewek saat berbelanja pasti melihat waktu kedaluwarsa suatu bahan makanan terlebih dahulu. Siapa juga sih yang ingin membuang uang dengan menjadi ceroboh membeli bahan yang sudah basi? Tapi tahukah kamu ada beberapa makanan yang masih bisa dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa?

Pernahkah kamu menemukan adanya makanan dan minuman yang sudah lewat tanggal expirednya? Jika iya, jangan langsung dibuang. Dilansir dari KlikDokter, pakar Institut Pertanian Bogor (IPB) menjelaskan bahwa label tanggal kedaluwarsa pada makanan/minuman adalah batasan waktu kualitas terbaik dari segi warna dan tekstur.

Bisa dibilang, meski tanggalnya sudah lewat, bukan berarti makanan atau minuman tersebut akan meracuni tubuh jika dikonsumsi. Seperti yang dituliskan KlikDokter, yuk simak penjelasan dr. Alberta Jesslyn Gunardi. BMedSc Hons tentang hidangan apa saja yang masih bisa dikonsumsi meski sudah kedaluwarsa!

Walau sudah kedaluwarsa, kamu bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman ini! (Sumber Foto: blogilates.tumblr.com)

Susu cair atau yoghurt. Susu yang disimpan dalam temperatur yang cukup rendah bisa bertahan 50% lebih lama. Namun, ketika kamu sudah membuka bungkusnya di dalam kulkas, susu cair hanya bisa bertahan hingga lima hari. Berbeda dengan susu, yoghurt bisa bertahan lebih dari 6 minggu asal dibungkus rapat dan disimpan dalam kulkas.

Walau sudah kedaluwarsa, kamu bisa tetap mengonsumsi makanan dan minuman ini! (Sumber Foto: sustainablepulse.com)

Makanan manis. Permen, cokelat dan madu adalah makanan manis yang aman untuk dikonsumsi meski tanggal kedaluwarsa sudah lewat. Permen bisa bertahan hingga 1-2 tahun sementara cokelat bisa bertahan sampai 4-6 bulan asalkan disimpan dalam suhu 21 derajat celcius. Madu yang sudah mengkristal pun masih aman dikonsumsi dan tak ada batasan waktu.

Perlu diketahui bahwa makanan atau minuman masih layak dikonsumsi asalkan disimpan dalam kulkas, freezer, dan lain sebagainya. Namun ketika sudah ada perubahan ba, warna tekstur atau rasa yang terlalu signifikan, jangan dikonsumsi ya girls! Lalu apa saja sih makanan dan minuman lain yang bisa disantap meski sudah kedaluwarsa? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading