Sukses

Lifestyle

Trik Memasak Pintar untuk Dapatkan Jantung yang Sehat

Fimela.com, Jakarta Tahukah kamu kalau stroke dan serangan jantung masih menempati posisi teratas penyebab kematian di dunia. Sayang, penyakit yang bisa dicegah sedari dini tersebut seringkali diabaikan.

Stroke dan penyakit jantung bisa dihindari jika kamu miliki pola makan yang sehat. Pola makan sehat tentu saja mencakup pemilihan bahan makanan, komposisi, serta cara masak dan waktu menyantapnya. Di antara sederet hal tersebut, yang sering terlewat adalah cara masak yang baik dan benar.

Begini trik cerdas memasak untuk memiliki jantung yang sehat. (Sumber Foto: Getty Images/The List)

Dilansir dari KlikDokter, dr. Vito A. Damay Sp.JP M.Kes FIHA FICA mengatakan bahwa tak sedikit orang Indonesia mengolah makanan dengan cara yang kurang tepat. Karena itu, RISKESDAS tahun 2013 mengatakan bahwa 60% penduduk Indonesia memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) di atas normal. Jadi, bagaimana cara mengolah makanan yang benar?

Kukus, rebus atau panggang. Meski banyak yang bilang tiga cara memasak di atas membuat hidangan berkurang kelezatannya, namun pada prosesnya ketiga metode memasak tersebut tidak menggunakan minyak yang menyebabkan kadar kolesterol jahat meningkat. Jadilah makananmu menjadi sehat untuk jantung.

Begini trik cerdas memasak untuk memiliki jantung yang sehat. (Sumber Foto: Shutterstock/The List)

Trik menggoreng. Jika kamu memang terpaksa harus menggoreng, cobalah untuk mengganti minyak dengan minyak kanola atau zaitun. Selalu ganti minyaknya setiap kali menggoreng ya, girls! Hindari teknik deep fried dan usahakanlah untuk memakai minyak seefisien dan sedikit mungkin.

Untuk kamu yang senang sekali memakan goreng-gorengan, cobalah untuk dihindari demi tingkat kolesterol yang normal. Masih penasaran dengan teknik cerdas memasak untuk jantung sehat selengkapnya? Yuk, baca di sini!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading