Sukses

Lifestyle

Serunya Jelajah Pasar Barter di Pulau Lembata

Fimela.com, Jakarta Kamu juga tentu setuju kalau traveling tak hanya soal melihat pemandangan alam memukau. Pada banyak kesempatan, perjalanan malah jadi cara untuk mengenal deretan kebudayaan baru yang menarik, dan Lembata adalah salah satu tempat untuk mendapatkannya.

Bagaimana tidak, keping wilayah di Nusa Tenggara Timur ini membuatmu bisa merasakan atmosfer pasar barter, cara bertransaksi yang sudah banyak ditinggal kebanyakan daerah di Indonesia, bahkan dunia. Lamalera adalah salah satu daerah di Lembata yang paling ternama akan pasar barternya.

Dengan menjelajah pasar, kamu akan dibuat terkejut dengan betapa tak berharganya uang yang diburu kebanyakan orang. Orang Lembata punya sistem ekonomi sendiri yang pastinya begitu unik untuk disaksikan.

Namun, pasar barter ini hanya terjadi satu kali dalam seminggu. Lamalera sendiri menggelar pasar barter setiap hari Jumat. Warga yang tinggal di daerah pegunungan akan turun untuk menukarkan pisang atau jagung dengan ragam hasil laut.

Ada satu lagi yang unik soal pasar barter ini, yakni transkasi baru boleh dilakukan bila mandor sudah meniup peluit. Soal pertukaran komoditi tersebut, orang Lembata punya aturan tersendiri. Supaya tahu dengan lebih lengkap, coba simak video berikut.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading