Sukses

Lifestyle

Girls, Madura Ternyata Punya Pulau dengan Udara Terbersih di Bumi

Fimela.com, Jakarta Madura tak hanya soal Bukit Kapur Jaddih. Pulau di timur Surabaya ini juga merupakan rumah bagi sejumlah gili yang punya pesisir memukau. Di antara beberapa pulau yang bisa disambangi, jangan sampai kamu melewatkan kunjungan ke Gili Iyang.

Berada di Desa Dungkek, Kecamatan Dungkek, pulau tetangga Gili Labak ini berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat Kabupaten Sumenep. Tak hanya menawarkan pengalaman berwisata bahari yang menyenangkan, dengan pergi ke Gili Iyang, berarti kamu sudah menyambangi pulau berudara paling bersih di Bumi.

Berdasarkan penelitian LAPAN 2006, kadar oksigen di pulau ini berkisar 3,4 hingga 4,8 persen di atas normal. Bahkan pada tahun lalu, penelitian serupa yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumenep menunjukkan, kandungan oksigen Pulau Gili Iyang berada di atas rata-rata wilayah lain, yakni 21 persen lebih banyak.

Menarik untuk dikunjungi ya? Tenang saja, lantaran tempat ini bisa dijangkau dengan budget lumayan terjangkau. Kamu tinggal menuju Pelabuhan Dungkek, Sumenep dengan mobil penumpang umum bertarif sekitar Rp20 ribu. 

Dari sana, kamu bisa naik perahu motor milik nelayan dengan tarif regular Rp15.000/orang yang berangkat pada pukul 10.00 WIB. Waktu tempuh dari Pelabuhan Dungkek menuju Pulau Gili Iyang sekitar 45 sampai 60 menit dalam kondisi cuaca normal.

Gili Iyang, Sumenep, Madura. (Sumber Foto: monicaflaviana05/Instagram)

Setibanya di Pulau Gili Iyang, kamu tinggal menyewa kendaraan di kawasan pelabuhan untuk menuju titik oksigen terbaik di Desa Bancamara. Kalau kamu ingin bermalam, maka pilihlah salah satu homestay yang dikelola warga sekitar sebagai tempat menginap.

Biaya sewa homestay biasanya sudah termasuk sarapan. Walau sederhana, fasilitas di pulau yang juga dikenal dengan nama Giliyang ini bisa dikatakan sudah cukup memadai. Suasananya terdengar seperti satu tempat ideal untuk menghabiskan libur akhir pekan ya? Jadi, yuk ke Madura!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading