Sukses

Lifestyle

Olahraga yang Tepat untuk Mengurangi Sakit Menstruasi

Fimela.com, Jakarta Siapa bilang kamu nggak boleh olahraga saat menstruasi? Sebenarnya, olahraga malah disarankan untuk dilakukan saat kamu sedang haid. Tentu saja hal tersebut bisa bermanfaat untuk tubuh.

Dilansir dari KlikDokter, dr. Dyah Novita Anggraini menuliskan bahwa aktivitas olahraga sangat berguna saat haid karena tubuhmu akan mengeluarkan hormon endorphin. Hal tersebut bisa membantu mengurangi kram perut, stres, sakit kepala dan nyeri.

BACA JUGA

Hormon endorphin sangat berguna karena menghasilkan efek anti-nyeri alami dan dapat membantu mengurangi prostaglandin, yakni senyawa kimia yang menyebabkan kontraksi otot saat haid. Olahraga pun bisa melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh sehingga membuatmu tetap segar.

Namun, jangan sampai memforsir diri ya, girls. Jika memang kamu ingin melakukan olahraga, cobalah gerakan yang tepat. Jangan sampai olahraga malah membuatmu lemas tak bertenaga. Yuk, simak jenis olahraga yang tepat!

Begini olahraga yang tepat agar sakit menstruasimu berkurang. (Sumber Foto: PureWow)

Peregangan. Meski sepele, aktivitas ini termasuk olahraga, lho. Peregangan bisa dipilih jika kamu mengalami gejala menstruasi yang berat sehingga tak bisa melakukan aktivitas olahraga berat. Cobalah lakukan pergelangan saat berdiri atau berbaring bersamaan dengan pengaturan napas. Baca artikel selengkapnya di sini, ya!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading