Sukses

Lifestyle

Wamena, Tak Sepopuler Raja Ampat tapi Punya Festival Kelas Dunia

Fimela.com, Jakarta Berbicara eksotisme Papua, angan sebagian orang mungkin langsung menciptakan paras Raja Ampat secara serta-merta. Mulai dari Wayag, hingga Misool, keseluruhan wilayah di lepas pantai Sorong ini memang sudah terlalu identik dengan cantik pulau di timur Indonesia tersebut. Saking lekat, sampai tak banyak mata melirik ke Wamena.

Padahal, kawasan yang masuk dalam lingkup wilayah Kabupaten Jayawijaya ini punya eksotisme yang tak kalah menarik. Mungkin tak didominasi pantai dengan pulau-pulau karang bak gunung kecil, namun pesonanya tetap tak boleh diremehkan begitu saja. Sebagai bukti, Wamena punya festival kelas dunia yang secara konstan digelar setahun sekali.

Yang dimaksud, tak lain tak bukan, adalah Festival Budaya Lembah Baliem (FBLB). Memasuki tahun ke-28 pergelarannya, perayaan ini tetak tak mengingkari namanya sebagai festival budaya. Ya, di sini kamu bisa mengharapkan visual kebudayaan masyarakat Papua, khususnya Wamena, dengan embanan ragam adat istiadat unik yang mungkin tak bisa ditemukan di wilayah lain di Indonesia, bahkan dunia.

Saking unik dan menariknya festival ini, tak hanya wisatawan dalam negeri yang tertarik untuk singgah. Sudah sedari lama, FBLB jadi alasan turis asing untuk menjejak tanah Papua. Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Kamis (10/8/2017), tahun ini tema yang diusung adalah Art of Dance & War.

Dari situ kamu mungkin sudah bisa menebak kalau ada unsur perang yang dibalut tari-tarian khas Papua di dalamnya. "Tarian perang itu usianya ratusan tahun. Pengunjung bisa ikut serta bila mau," jelas Menteri Pariwisata, Arief Yahya, Kamis (3/8/2017), seperti dimuat Liputan6.com.

Lempar 1.359 Sege, Festival Budaya Lembah Baliem Pecahkan Dua Rekor. (AFP PHOTO/Adek Berry)

Setiap tahun, selalu ada kejutan baru di FBLB. Di 2017, perayaan anual ini mencatatkan rekor baru, baik di Indonesia maupun dunia. untuk pelemparan lebih dari 1.359 sege. Sepanjang 28 kali perhelatan FBLB, acara pelemparan tersebut baru digelar kali ini.

”FBLB tahun depan pasti ada yang baru lagi,” tutur Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jayawijaya, Alpius Wetipo. Karena festivalnya hanya tinggal hari ini, Jumat (11/8/2017), dan kamu tak bisa datang di tahun in, maka pastikan untuk tak melewatkan kesempatan untuk hadir di pergelaran selanjutnya. Terbukti bukan kalau Wamena memang demikian menawan dan menarik untuk dikunjungi?

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading