Sukses

Lifestyle

Kenapa Kaki Ibu Hamil Sering Bengkak?

Fimela.com, Jakarta Kaki, bagi sebagian perempuan, merupakan salah satu bagian tubuh yang indah. Namun, ketika sedang hamil, kadang kaki justru malah terlihat membengkak. Bukan cuma betis saja yang membesar, tapi juga seluruh bagian kaki.

Ternyata, hal ini normal buat ibu hamil. Dilansir dari Baby Center, pembengkakan kaki pada ibu hamil disebut edema. Hal ini sebenarnya tak berbahaya. Karena disebabkan karena adanya penumpukan cairan berlebih pada jaringan-jaringan dalam tubuh.

Pembengkakan ini terjadi bisa juga karena rahim yang membesar. Akibatnya, rahim menekan pembuluh darah besar pada panggul. Ini mengakibatkan aliran darah dari kaki ke jantung sedikit melambat dan akhirnya kaki membengkak.

Biasanya, hal ini terjadi selama trimester ketiga. Bukan cuma kaki saja yang bisa bengkak, tapi tangan pun juga bisa. Tapi, kamu yang sedang hamil nggak perlu khawatir. Karena pembengkakan ini akan berakhir usai melahirkan.

Pembengkakan ini sebenarnya juga bisa dicegah dengan melakukan beberapa hal. Seperti jangan terlalu lama berdiri. Kalau kamu bisa duduk, duduklah. Terus, jangan lupa untuk mengangkat kaki ke atas, sehingga kaki nggak menggantung. Kamu juga bisa melakukan pijat kaki sehingga pembengkakan nggak semakin parah.

 Tangan dan kaki yang membengkak. (Via: instagram.com/kosogkaos)

Tapi, ada kalanya juga kamu harus hati-hati saat mengalami edema. Dilansir dari Today's Parent, kalau kakimu besar sebelah dan disertai dengan rasa sakit, kamu harus periksa ke doker. Soalnya, ini bisa jadi tanda adanya pembekuan darah di sekitar kaki. Tapi selama nggak ada keluhan lain seperti sakit kepala, edema pada ibu hamil itu normal, kok!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading