Sukses

Lifestyle

Begini Niat Puasa Senin Kamis dan Keistimewaannya

Fimela.com, Jakarta Puasa Senin Kamis menjadi salah satu amalan sunah untuk semua kaum muslim. Meski amalan puasa tersebut sunah, jangan lupa ya untuk melafalkan niat puasa Senin Kamis sebelum kamu menjalankannya.

Melansir laman Alquran-Syaamil, niat puasa Senin Kamis hanya perlu dikatakan bahwa kamu niat melakukan puasa sunnah Senin atau Kamis. Niatnya pun bisa kamu lafalkan saat maghrib di hari sebelumnya sampai sebelum fajar terbit di hari Senin atau Kamis.

Selain itu, niat puasa Senin Kamis yang tak lain adalah amalan sunah yang rutin dilakukan oleh Rasulullah SAW juga boleh dilafalkan di tengah hari, di mana hal tersebut berpedoman pada hadis yang diriwayatkan Aisyah:

كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- إِذا دخل عليَّ قال : هل عندكم طعام؟ فإذا قلنا : لا ، قال : إني صائم

Artinya: “Ketika Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- masuk kepadaku dan bertanya : apakah engkau memiliki makanan? aku berkata : tidak, beliau berkata : berarti aku puasa.” (HR Abu Daud)

Bicara soal puasa sunah Senin Kamis, ada begitu banyak keutaman dan manfaat yang bisa kamu dapatkan. Dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Tirmidzi dan Ibnu Majah, Rasulullah SAW mengatakan bahwa pada hari Senin dan Kamis amalan akan di angkat dan Rasulullah sangat suka saat amalan diangkat ia dalam keadaan berpuasa.

Ilustrasi puasa. (roguehealthandfitness.com)

Tak sampai di situ, dalam salah satu hadis yang diriwayatkan Bukhori dan Muslim, orang-orang yang berpuasa memliki keisitimewaan di mana di akhirat nanti ada pintu menuju surga bernama Ar-Rayyan yang hanya bisa dimasuki oleh orang-orang yang rajin menjalankan puasa. 

Sedangkan dari sisi kesehatan, puasa dapat meningkatkan fungsi otaak, memeprbaiki pola makan, meningkatkan kekebalan tubuh juga membersihkan kulitmu. Yuk lebih rajin menjalani puasa Senin Kamis dan jangan lupa lafalkan niat ya!

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading