Sukses

Lifestyle

Curhat Pembaca: Apakah Over Protective Tanda Sayang?

Fimela.com, Jakarta Dari: Chaca Riyani

Aku mau curhat, aku punya pacar yang over protektif banget. Dia nggak bolehin aku buat pergi sama temen cowok, selain itu dia juga nyuruh aku buat hapus semua kontak cowok. Pokoknya nggak boleh deket-deket atau main sama cowok manapun. Selain itu dia juga batasin aku buat bergaul di kampus. Aku sayang sama dia, tapi kalau begini terus aku jadi nggak punya teman. Aku harus gimana ya? Kira-kira dia bersikap gitu karena sayang sama aku bukan sih?

***

Dear Chaca,

Over protektif tidak bisa disamaratakan dengan rasa sayang, karena itu adalah dua hal yang berbeda. Jadi, meski pacarmu over protektif, bukan berarti karena dia tidak menyayangimu. Namun sebaliknya, over protektif juga bukan merupakan tanda sayang.

Satu hal yang pasti, bahwa sifat over protektif adalah tanda-tanda bahwa hubunganmu tidak sehat. Dia melarangmu pergi sama teman cowok, bahkan menyimpan kontak mereka pun tidak boleh, itu atas dasar apa? Coba deh kamu renungkan kembali, apakah kamu melakukan sebuah hal fatal dengan cowok lain sehingga mengakibatkan dia sedemikian reaktifnya? Siapa tahu memang ada tindakanmu yang menjadi pemicunya. 

Jika kamu merasa tidak melakukan hal aneh-aneh di luar batas wajar pertemanan, dan dia bersikap begitu, berarti kesalahan itu ada di dalam dirinya. Dia tidak memiliki kepercayaan padamu, padahal itu yang sangat dibutuhkan dalam hubungan. Dia merasa berkuasa atas dirimu mentang-mentang dia pacarmu, apakah kamu pikir itu sesuatu yang baik? Tentu saja bukan, Chaca.

Meski kalian berdua pacaran bahkan sampai kalian berdua resmi menjadi suami istri pun, kalian berdua sebagai individu tetap butuh ruang untuk aktualisasi diri. Bukan hanya dalam hubungan, tapi juga dengan lingkungan di luar hubungan tersebut. Seperti misalnya; dengan teman-temanmu, cewek maupun cowok. Kamu harus tetap menjadi pribadi yang utuh saat berada dalam hubungan ini. Jangan sampai kamu mengorbankan sebagian dari dirimu demi mempertahankannya.

Coba pelan-pelan, kamu beri dia pengertian agar dia juga bisa sedikit demi sedikit melepaskan sifat over protektifnya yang tidak perlu itu. Yakinkan dan buktikan bahwa kamu bisa dipercaya meski dia memberimu kebebasan untuk bergaul dengan siapa saja. Dia harus bisa mengubah sifat itu, sebab sifat over protektif akan menjadi racun yang pelan-pelan menggerogoti hubungan kalian. Sebelum tidak bisa diselamatkan lagi, bicarakan soal ini dengan pacarmu, ya!

 

 

***

Punya masalah percintaan yang bikin galau? Curhatin aja! Kirim curhatanmu ke redaksi@bintang.com. Jangan lupa tulis subject emailnya: CURHAT PEMBACA BINTANG, ya. Curhatanmu akan dijawab dan kamu bisa lihat jawabannya di www.bintang.com/relationship. Ditunggu!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading