Sukses

Lifestyle

Ini Niat Puasa Muharram dan Alasan Kamu Harus Menjalankannya

Fimela.com, Jakarta Di penghujung September 2017 yang bertepatan dengan bulan Muharram 1439 Hijiriah ini ada begitu banyak amalan sunah yang bisa kamu jalankan salah satunya puasa. Ya, pada bulan Muharram terdapat amalan ibadah sunah yang yaitu puasa Tasu'a dan Asyura. Ngomong-ngomong amalan di bulan Muharram kamu sudah tahu niat puasa dan alasan dibalik amalan tersebut belum?

Kamu harus tahu kalau bulan Muharram adalah bulan yang istimewa. Selain itu berpuasa di bulan Muharram seperti menjalankan puasa Asyura dan Tasu'a adalah amalan istimewa seperti tertulis dalam hadis yang diriwayatkan Muslim, "Puasa yang paling utama sesudah puasa Ramadhan adalah puasa pada Syahrullah Muharram," (HR. Muslim).

Keutamaan lain dari puasa Muharram yang harus kamu tahu yaitu ibadah ini dijadikan sebagai tanda syukur umat Islam kepada Allah SWT, karena sudah menyelamatkan semua hamba-nya iman dari perbuatan jahat, seperti yang dilakukan kepada Nabi Harun dan Musa AS dari kejaran Raja Firaun dan tentaranya.

Bagi kamu yang menjalani ibadah puasa Tasu'a setiap tanggal 9 Muharram yang tahun ini jatuh pada 29 Oktober dan puasa Asyura pada 10 Muharram dan bertepatan pada 30 September 2017 pun akan mendapatkan ganjaran yang besar, di mana dosa setahun lalu baik yang kecil atau besar akan di hapuskan. Jadi jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya.

Sudah tahu bacaan niat puasa Muharram? Kamu bisa lihat di sini. (Foto: imamsonline.com)

Sebelum menjalankan ibadah puasa di bulan Muharram, berikut ini adalah niat puasa Tasu'a dan puasa Asyura yang harus kamu lafalkan sebelum menjalaninya.

Niat puasa Tasu'a: ‘Nawaitu sauma tasu’a sunnatal lillahita’ala’

Artinya : Saya niat puasa tasu’a, sunnah karena Allah ta’ala

Niat puasa Asyura: ‘Nawaitu sauma asyuro sunnatalillahita’ala’a

Artinya : Saya niat puasa hari asyura, sunnah karena Allah ta’ala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

    What's On Fimela
    Loading