Sukses

Lifestyle

5 Tipe Tukang Ngutang, yang Merasa Kesindir Buruan Bayar!

Fimela.com, Jakarta Mau tanggal tua, atau pun tanggal muda, pasti ada aja teman yang tiba-tiba nyamperin atau bahkan cuma kirim pesan singkat,”Maaf nih ganggu. Gua lagi butuh banget duit. Nanti gua ganti pas gajian.” Mintanya sih baik-baik, tapi kenapa pas giliran bayar kok susah banget ya, nggak sesuai sama saat minjem. Kamu punya pengalaman seperti itu?

Katanya manusia itu makhluk sosial, kita nggak bisa hidup sendirian, pastinya kita butuh bantuan dari orang lain. Kalau soal prinsip hidup yang satu itu semua orang pasti akan mengamini. Masalahnya kalau soal uang bagaimana? Setiap orang pastinya punya pandangan yang berbeda-beda karena uang memang bukanlah segalanya.

Tapi, ada yang bilang juga tuh kalau segalanya butuh uang. Jadi bagaimana? Hahaha. Kalau soal minjam meminjam sih masih “oke” asalkan yang meminjam itu bisa menjalankan tanggung jawabnya, alias membayar utang-utangnya tepat waktu atau sesuai yang dijanjikan.

Yang jadi masalah adalah ketika meminjam kata-katanya manis, tapi giliran ditagih? Hmmm, ada juga lho orang yang sudah ngasih pinjeman, tapi dia sungkan buat menagih, padahal itu haknya. Tapi, yang minjem kadang juga nggak tahu diri sih, sampai perlu ditagih.

Nah, kali ini Bintang.com akan membahas soal tipe-tipe tukang ngutang yang mungkin sudah sering kamu temui sendiri. Yang suka ngutang dan lupa sama utang-utangnya, yuk, coba diingat-ingat lagi, kamu sudah ngutang sama siapa aja. Jangan lupa bayar yaa...

1. Tipe yang Suka Banyak Janji

Pas meminjam uang janjinya akan mengembalikan pada tanggal sekian, tapi pas hari H? Boro-boro ngabarin telat kalau nggak bisa bayar utang. Tiba-tiba menghilang aja gitu, seperti tak terjadi apa-apa. Terus nongol lagi dan minta maaf serta janji mau bayar di tanggal sekian. Tapi, ya nggak ada kabar lagi. Yaudah, gitu aja terus.

2. Tipe Drama

Saat waktunya membayar secara baik-baik dia nyamperin kamu, di mana pun kamu berada. Tapi, pas ketemu, bukannya malah bayar. Dia cuma bisa bilang,”Maaf ya belum bisa bayar utang. Tiba-tiba motor rusak, jadi harus masuk bengkel. Terus kemarin juga ada teman yang kecelakaan, duitnya dipinjem dulu sama dia.” Ya, begitu aja terus sampai yang minjemin mungkin berniat untuk membuat sebuah novel tentang “Drama Tukang Ngutang”.

3. Tipe Pikun alias Pura-pura Lupa

Dari rumah yang ngasih pinjeman sudah berharap banget uangnya akan kembali. Banyak banget agenda yang disusun buat ngabisin tuh duit. Mau beli ini dan itu. Tapi, pas ketemu sama yang minjem, kok dia malah nggak ngembaliin uangnya ya? Kok dia malah nggak ngebahas sama sekali soal masalah utang ya? Mau nagih, tapi nggak enak. Huffhhhh, kalau sudah begitu, yang minjemin cuma bisa bilang,”Yasudahlah.”

4. Tipe Banyak Gaya

Pas minta pinjaman kok tampangnya sedih banget. Tapi, belum ada sehari minjem, di media sosial kok tuh anak yang ngutang malah nongkrong di tempat-tempat mahal. Bingung, kan? Yang minjemin uang aja cuma bisa beli air mineral botol, nah, yang minjem uang, enak-enaknya ngopi di kedai kopi terkenal di Indonesia. Wow banget!

5. Tipe Nggak Tahu Diri

Utang yang pertama belum juga di bayar, tapi kok udah berani minjem uang lagi sih? Harus sabar-sabar kalau kamu punya teman kayak gini, apalagi kalau kamu bukan tipe orang yang pandai menagih hutang. Mau menagih, tapi takut malah yang ditagih tersinggung. Hmmm, kalau nggak ngasih pinjeman juga nggak enak dan kasian. Sekali lagi, sabarrrrrr...

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading