Puasa Muharram: Ini 5 Manfaatnya, Bikin Langsing Juga Lho

Gadis Abdul30 Sep 2017, 08:20 WIB
[Bintang] Puasa Muharram: Ini 5 Manfaatnya, Bikin Langsing Juga Lho

Fimela.com, Jakarta Bulan muharram adalah bulan pertama dalam kalender Hijriah. Ada beberapa keistimewaan dalam bulan tersebut, salah satunya adalah puasa. Dilansir dari situs Nahdatul Ulama, Nu.or.id, Jumat (29/9/2017), puasa Muharram adalah puasa yang sangat dianjurkan setelah puasa di bulan Ramadhan.

Dalam artikel yang berjudul “Tiga Macam Puasa Muharram” yang diunggah ke situs Nu.or.id pada 29 Oktober 2015 lalu juga dijelaskan bahwa puasa Muharram ada tiga bentuknya. Pertama, yang paling utama ialah puasa hari kesepuluh beserta satu hari sebelum dan sesudahnya. Kedua, puasa di hari kesembilan dan kesepuluh. Ketiga, puasa di hari kesepuluh saja.

Menjalankan ibadah puasa nggak hanya memberikan pahala, tapi juga sangat bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan kamu lho. Yup, kamu yang takut terlihat tua, maka sering-seringlah menjalankan ibadah puasa.

Dilansir dari Draxe.com, Jumat (29/9/2017), salah satu manfaat puasa adalah untuk memperlambat proses penuaan. Dengan berpuasa tubuh bisa menghasilkan lebih banyak hormon pertumbuhan manusia. “Hormon ini sebenarnya berhubungan erat dengan proses penuaan,” jelas dokter asal Amerika, Josh Axe dalam laman pribadinya Draxe.com.

Lalu apakah manfaat puasa untuk kesehatan, berikut ini manfaat puasa untuk kesehatan seperti dilansir dari Boldsky.

1. Menurunkan Berat Badan

Menurunkan Berat Badan. (Foto: harvard.edu)

Manfaat puasa yang satu ini kayaknya banyak digilai oleh para cewek-cewek nih. Ketika berbuka puasa pastikan kamu mengonsumsi makanan seimbang dan memiliki serat sehingga dapat membantu menurunkan berat badan. Selain itu juga kamu harus memastikan untuk menghindari berbuka puasa dengan makanan manis dan tinggi lemak.

2. Detoksifikasi Tubuh

Detoksifikasi tubuh. (Ilustrasi: jossblog.net)

Berpuasa juga dapat menghilangkan racun yang ada dalam tubuh. Ketika berpuasa kamu secara tidak langsung akan mengurangi konsumsi makanan cepat saji yang berbahaya bagi tubuh. Jadi selama berpuasa, tubuh kamu pun beristirahat dari lemak jahat.

3. Menurunkan Hipertensi

Menurunkan hipertensi. (Foto: sahabatginjal.com)

Ketika berpuasa, tingkat metabolisme akan berkurang, begitu juga kadar lemak darah. Hal tersebut dapat menurunkan risiko hipertensi dan juga penyakit terkait lainnya.

4. Mengurangi Kolesterol

Mengurangi kolesterol. (Foto: elevate.com.au)

Yang namanya sedang berpuasa itu artinya kamu hanya memiliki waktu makan dua kali, yakni saat berbuka puasa dan saat sahur. Tentunya itu akan sangat membantu mengurangi kadar lemak darah dan kolesterol.

5. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Meningkatkan kekebalan tubuh. (Ilustrasi: YouTube)

Banyak penelitian yang telah menemukan bahwa ternyata puasa juga meningkatkan kekebalan tubuh. Salah satunya mendetoksifikasi tubuh dan sistem pencernaan menghasilkan cairan lebih sehat.

 

 

 

Lanjutkan Membaca ↓