Nggak Susah, Ini 5 Gerakan Pilates yang Efektif Bikin Perut Rata

Karla Farhana05 Okt 2017, 16:40 WIB
[Bintang] Hanya dengan Minum 2 Gelas Air Per Hari Perut Jadi Rata, Mau?

Bintang.com, Jakarta Perut rata, bagi banyak cewek, bukan cuma sebatas salah satu 'syarat' memiliki tubuh seksi. Tapi juga sebagai salah satu tanda kalau kamu menjalani hidup sehat. Artinya, kamu sering berolahraga dan juga mengonsumsi makanan sehat yang kaya akan serat. 

Tapi memiliki perut yang rata itu nggak mudah. Selain kamu harus mengonsumsi banyak serat agar BAB lancar dan sistem pencernaan bekerja dengan baik, kamu juga harus mengurangi lemak di sekitar perut. 

Perutmu buncit? Atasi saja dengaan 5 cara ini. (Via: healthyviperson.com)

Tentu saja, diet makanan saja nggak cukup untuk membuat perut rata. Kamu juga harus melakukan olahraga. Banyak cewek yang nggak suka ngegym dan melakukan gerakan olahraga menggunakan beban. 

Untungnya, ada pilates yang memiliki beberapa gerakan efektif yang fokus pada sekitar otot perut. Bukan cuma membakar lemak, tapi juga membentuk otot perut agar lebih kuat dan rata. 

1. Elephant Push Up

Elephant Push Up | Sumber Foto: Prevention.com

Dilansir dari Prevention, gerakan ini sebenarnya meerupakan full body workout yang melatih seluruh otot tubuh. Tapi, memang berpusat dan fokus pada otot perut. Nah, gerakannya mirip dengan push up biasa, namun satu kaki menggantu lurus tanpa mengentuh lantai. Ini gerakan nggak mudah. Jadi kamu harus bersbar saat latihan dan pastikan untuk bernapas dengan baik, serta menjaga keseimbangan. 

2. Open Leg Locker

Open Leg Locker | Sumber Foto: Prevention.com

Melatih otot perut nggak harus sit up dan crunches. Gerakannya juga nggak harus moving. Gerakan ini menargetkan otot perut dengan mengencangkan otot sekitar seakan kamu sedang memakai korset. 

3. Side Leg Kick

Side Leg Kick | Sumber Foto: Prevention.com

Jangan bilang kalau olahraga untuk perut cuma gerakan-gerakan seperti sit up, crunches, atau lainnya. Side Leg Kick merupakan gerakan yang fokus pada gerakan otot paha yang naik-turun pada saat kamu tidur dalam posisi miring. Meskipun yang digerakkan kaki, tapi yang bekerja adalah otot perut bagian bawah dan juga panggul. 

4. Kontrol Keseimbangan

Gerakan untuk mengontrol keseimbangan | Sumber Foto: Prevention.com

Kalau kamu ingin melatih otot perut, lakukan beberapa gerakan pilates yang mengharuskanmu mengontrol keseimbangan. Saat kamu mencoba untuk menyeimbangkan tubuh. 

5. Side Plank

Side Plank | Sumber Foto: Prevention.com

Karena bukan cuma perut bagian depan saja yang perlu kamu latih. Tapi bagian pinggang pun juga perlu pembakaran. Side plank mungkin merupakan gerakan klasik yang membosankan. Tapi ini efektif banget buat membakar lemak pada bagian pinggang dan panggul. Kamu nggak mau, kan, perut rata tapi pinggang masih gemuk penuh lemak? 

Lanjutkan Membaca ↓