Minum Air Perasan Lemon di Pagi Hari Bisa Sakit Jantung?

Karla Farhana23 Okt 2017, 09:45 WIB
[Bintang] Lemon

Fimela.com, Jakarta Ada sejuta cara untuk memiliki tubuh idaman para cewek. Mulai dari yang membutuhkan banyak biaya, hingga cara yang sulit tapi alami. Cara alami ini salah satunya adalah dengan melakukan diet. Nah, diet itu sendiri ada banyak macamnya. Setiap jenis diet, pasti ada aturan dan pantangannya masing-masing. 

Salah satu yang sering banget cewek lakukan adalah mengonsumsi air perasan lemon di pagi hari. Saat baru bangun tidur, mereka meminum air perasa lemon sebelum mengonsumsi apa pun. Bahkan, sebelum minum air putih. 

Sebagian dari mereka memilih untuk meminumnya tanpa air mineral. Sebagian lainnya, justru mencampurnya dengan air mineral atau membuatnya menjadi infused water. 

Cara ini, memang sudah lama dipercaya bisa menurunkan berat badan dan meningkatkan imun. Tapi, apa betul, meminum air perasan lemon yang sangat asam itu nggak ada efek sampingnya? Ternyata, kalau kamu keliru dan nggak hati-hati, akan ada beberapa efek samping yang timbul, termasuk gangguan lambung dan pencernaan. 

Efek Buruk Buat Jantung

Cantik Sehat dengan Jeruk Lemon
Cantik Sehat dengan Jeruk Lemon (info sehat/berita kesehatan)

Dilansir dari LiveStrong.com, lemon memang kaya akan vitamin C, potasium, dan juga serat yang dibutuhkan untuk menurunkan berat badan. Tapi, sayangnya, kalau air perasan lemon ini kamu konsumsi secara berlebihan, akan menimbulkan afek buruk buat kesehatan. 

Salah satu efek buruknya adalah heartburn. Gangguan jantung ini ditandai dengan rasa perih dan panas pada dada. Hal ini disebabkan karena otot esophageal sphincter yang berada di antara esiphagus dan lambung nggak berfungsi dengan baik. 

Jeruk lemon. (via: Boldsky)

Selain itu, asam dari lambung pun malah kembali ke dalam esophagus. Proses ini biasanya disebut dengan reflux. Nah, kalau sudah begini, kamu harus mengurangi makana mengandung asam, termasuk lemon. 

Kalau kamu tetap mengonsumsi dalam jumlah banyak, bisa-bisa kamu akan terkena sakit jantung. Health.com juga menulis, heartburn yang nggak ditangani bisa mengakibatkan timbulnya angina atau angin duduk. 

Jus lemon | Via: istimewa

Selain gangguan pada jantung, kamu yang memiliki gangguan pada lambung, termasuk maag dan juga lambung luka, sebaiknya nggak mengonsumsi lemon hingga kamu sembuh. Kalau kondisi kesehatanmu baik, air perasan lemon bisa memberikan banyak manfaat, termasuk meluruhkan lemak dalam tubuh. 

Lanjutkan Membaca ↓