Sukses

Lifestyle

Olahan Susu Bisa Bikin Tulang Kuat, Mitos atau Fakta?

Fimela.com, Jakarta Susu, sudah lama diyakini menjadi sumber kalsium yang tinggi dan bisa menguatkan tulang. Bukan cuma itu saja, susu dan produk olahan susu lainnya juga bisa mencegah osteoporosis. 

BACA JUGA

Orang-orang tua bahkan meminum susu khusus yang katanya bisa memperkuat tulang mereka dan mencegah kerapuhan tulang di usia lanjut. 

Tapi masalahnya, bagaimana dengan anak-anak muda? Kalsium dan juga vitamin serta nutrisi lainnya untuk tulang bisa didapatkan dari makanan lain. Bukan cuma susu. 

Bahkan, dilansir dari Prevention, susu justru memiliki efek lain buat tulang yang nggak banyak orang tahu. Dari berbagai penelitian yang dilakukan, susu dinyatakan sebagai produksi makanan asam dan kandungan asamnya ini justru bisa mendorong terjadinya inflamasi dan bahkan rapuhnya tulang. Benarkah?

Jangan Langsung Nggak Mau Minum Susu, Girls

Meskipun begitu, jangan dulu langsung menlak untuk makan dan minum semua produk olahan susu. Soalnya, ternyata susu baik untuk dikonsumsi orang-orang lanjut usia. Terutama, perempuan yang usianya sudah lanjut.

Hal ini berdasarkan sebuah penelitian yang dipublikasi the American Journal of Clinical Nutrition (AJCN). Penelitian ini menemukan, perempuan yang sudah mengalami menopause dan mengonsumsi produk olahan susu setiap hari, memiliki tulang yang lebih kuat dari pada perempuan menopause lainnya yang nggak rajin konsumsi produk olahan susu. 

Jadi, susu dan keju itu tetap baik dikonsumsi dalam jumlah banyak kalau kamu sudah menopause nanti. Bukan berarti anak-anak muda nggak membutuhkan kalsium, ya. Kamu yang masih muda justru membutuhkan kalsium, tapi nggak harus diambil dari susu dan keju. 

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading