Sukses

Lifestyle

3 Penyakit Mengerikan Akibat Sering Jajan di Pinggir Jalan

Fimela.com, Jakarta Siapa yang nggak suka pecel lele pinggir jalan? Atau nasi uduk, nasi goreng biasa, spesial, dan gila? Belum lagi camilan lezat yang bisa kamu dapatkan mulai dari Rp5000-Rp10.000, seperti siomay, batagor, pisang cokelat, dan lainnya. 

Semua jajanan pinggir jalan ini memang memiliki banyak hal yang bikin kamu suka banget. Mulai dari harganya yang sangat terjangkau, porsinya besar, dan juga rasanya yang lezat. 

Jangankan kamu orang lokal, turis mancanegara sekalipun juga banyak yang suka. Namanya juga jajanan pinggir jalan, girls. Meskipun kamu bisa bikin sendiri di rumah, rasanya pasti nggak sama dan biasanya lebih enak yang dimasak ibu atau abang-abang kaki lima. 

Tapi, kamu harus hati-hati, lho dengan makanan yang dimasak di pinggir jalan ini. Bukan cuma karena kamu nggak tahu kualitas bahannya seperti apa, tapi polusi dan kebersihan alat yang mereka gunakan juga bisa memengaruhi kesehatanmu. Benar memang, kamu butuh bakteri pada makanan pinggir jalan supaya perutmu tahan dengan kuman-kuman dari luar. Tapi, ada beberapa hal yang bikin kamu sakit. 

Kanker Usus Besar

Banyak banget orang yang suka makan gorengan. Mulai dari bakwan, risol, dan lain sebagainya. Tapi, kamu tahu, nggak, kalau sebagian pedagang kaki lima menggunakan minyak goreng bekas? Bahkan, ada juga pedagang yang menggunakan minyak oplosan dan hasil saringan. 

Minyak ini bahaya banget buat kesehatan tubuhmu. Dilansir dari Fitness for Men, minyak goreng bekas bersifat karsogenik karena minyak tersebut termasuk minyak jenuh. Minyak seperti ini bisa mengakibatkan munculnya kanker, terutama kanker usus besar. 

Impotensi dan Infertilitas

 

Banyak jajanan pasar atau pinggir jalan yang menggunakan bahan pengawet bahkan formalin. Bahan ini sangat bahaya buat tubuhmu. Dilansir dari sumber yang sama, kalau kamu mengonsumsi banyak formalin kamu bisa kena radang tenggorokan, tonsil, sakit dada, lelah, jantung berdebar, sakit kepala, mual, diare, dan muntah-muntah. 

Nah, pada konsentrasi yang sangat tinggi, formalin pada jajanan pasar bisa menyebabkan kerusakan sistem saraf pusat, insomnia, impotensi, infertilitas, bahkan kanker. 

Kolera

Kamu sering minum minuman pakai es yang dijual di pinggir jalan? Kamu harus hati-hati, lho! Soalnya, kamu nggak tahu air yang mereka pakai untuk membuat minuman itu bersih atau nggak. Selain itu, penting juga untuk memeriksa es batu yang dipakai berasal dari air matang atau mentah. 

Soalnya, air kotor atau mentah mengandung bakteri dan mikroba. Bahkan bisa juga mengandung Entamoeba Coliyang yang bahaya. Bakteri ini bisa menyebabkan disentri, muntaber, diare, bahkan kolera. Hati-hati, ya, girls!

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading