Sukses

Lifestyle

Biar Nggak Kebablasan, Kenali 7 Tanda Toxic Relationship

Fimela.com, Jakarta Adanya kompromi dalam hubungan itu biasa. Tawar menawar antara pasangan memang harus dilakukan agara apa-apa yang diinginkan kedua belah pihak bisa terwujud dan nggak ada yang merasa dirugikan. Lain cerita kalau hanya salah satu pihak yang keinginannya diwujudkan dengan cara memaksa pihak lainnya.

Sesekali dan untuk hal-hal yang sangat sederhana, itu biasa. Tapi kalau terus-terusan seperti itu, jangan lagi anggap itu biasa, karena itua dalah pertanda bahwa hubungan kamu nggak sehat. Ada yang berusaha mendominasi, ada yang merasa superior, sangat berbanding terbalik dengan prinsip hubungan yang harus diperankan kedua belah pihak dengan seimbang.

Jika sudah ada salah satu pihak yang berusaha mendominasi dan itu dibiarkan terus-terusan terjadi, sudah bisa dipastikan ke mana arah hubungan tersebut selanjutnya; toxic relationship. Dan jika hubungan tersebut sudah tercemar racun-racun keposesifan, bakalan susah banget untuk mengubahnya kembali ke titik normal. Makanya, jangan biarkan tanda-tanda negatif itu terus terjadi kalau nggak mau hubunganmu jadi toxic relationship.

1. Dia mulai menunjukkan kecemburuan yang absurd

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Kamu main sama teman cowokmu dicemburuin padahal ramai-ramai, yang jelas-jelas sahabatan sama kamu dicemburuin, bahkan sama benda mati pun cemburu. Sebenarnya sih, kamu mau main sama siapapun, kalau nggak sama dia; itu salah.

2. Dia ingin kamu selalu bersamanya

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Di sekolah, di rumah, main keluar rumah, ngelakuin hobi, pokoknya harus bareng. Kalau perlu ngurusin suatu hal penting, kamu harus ikut dia. Kalau kamu ada acara, kamu harus batalin demi dia. Kalau kamu lolos pergi, dia bakal sibuk minta bukti foto, video call, dll.

3. Apapun yang membuat kalian terpisah, nggak boleh ada

Ilustrasi relatioship. (Foto: pexels.com)

Kamu nggak boleh ngelakuin hobi kamu, nggak boleh ketiduran kalau lagi chatting, nggak boleh gaul sama teman-teman, nggak boleh punya kontak teman cowok, nggak boleh semua-muanya yang memungkinkan kamu punya kehidupan lain selain bersamanya.

4. Dia berusaha mengendalikan dirimu

Ilustrasi relationship. (Foto: pexels.com)

Biasanya, pacar yang begini tuh merasa dia tahu banget yang terbaik buat kamu itu apa, atau juga karena ada celah di dirimu yang memungkinkan dia masuk, mengisi, dan mengungkitnya sebagai budi yang harus kamu balas. 

5. Dia nggak segan melampiaskan amarahnya ke kamu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Ioana Casapu)

Kata-kata kasar bahkan sikap kasarnya sering banget kamu terima tiap ada apa-apa yang nggak berjalan sesuai keinginannya.

6. Bahkan teman-teman sekitarmu pun kena getahnya

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Lucas Pimenta)

Bukan cuma kamu, teman-teman dekatmu juga bakal kena tuh kata-kata kasar dan perilaku kasarnya. Dia nggak segan-segan menunjukkan itu kalau kamu tampak membela mereka di hadapannya.

7. Dia selalu memandang rendah kamu

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Chistiana Rivers)

Katanya cinta, tapi dia nggak memperlakukan kamu dengan penuh cinta. Yang ada dia selalu merendahkan kamu.

8. Dia membuat kamu merasa nggak berharga

Ilustrasi relationship. (Foto: unsplash.com/Tony Lam Hoang)

Saking seringnya disalahin, dituduh bertanggung jawab atas kekacauan yang terjadi, pada akhirnya kamu merasa apa yang dia bicarakan itu benar. Kamu memang penyebabnya, kamu nggak berharga. Padahal nggak gitu, kamu cuma lagi kemakan manipulasinya. Kebayang kan betapa beracunnya hubungan ini? Jangan memaklumi jika pacarmu menunjukkan hal-hal seperti yang disebutkan di atas, atau hubunganmu akan membuat hidupmu seperti di neraka.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading