Sukses

Lifestyle

Sakit Perut Usai Makan, Mungkin 4 Hal Ini Penyebabnya

Fimela.com, Jakarta Perut sakit usai makan biasanya disebabkan karena kamu terlalu banyak makan. Atau juga karena ada bahan berbahaya pada makanan yang baru saja kamu santap. 

Tapi, apa jadinya kalau nggak ada masalah pada makananmu? Keracunan makanan ternyata bukan satu-satunya penyebab sakit perut usai makan, girls. Ada beberapa gangguan kesehatan yang bikin perutmu berkontraksi. 

Dilansir dari Health.com, hal ini bisa saja menjadi pertanda kalau kamu harus memeriksakan dirimu ke dokter dengan segera. Karena, bisa saja, ada penyakit berbahaya yang mengintai. 

Health.com juga menulis, kalau setiap kali usai makan perutmu sakit, sebaiknya langsung minta periksa dokter. Pihak rumah sakit akan melakukan berbagai tes pada seluruh organ pencernaanmu. Bukannya nakut-nakutin, tapi sakit perut usai makan jadi pertanda beberapa penyakit berbahaya berikut ini. 

Pankreatitits

Dilansir dari Health.com, pakreatitits salah satu gejalanya adalah inflamasi pada pankreas. Nah, inflamasi ini bisa juga menyebabkan rasa panas dan sakit pada perut bagian atas dan tengah. 

 

 

Intoleransi Laktosa

Orang yang memiliki intoleransi laktosa akan merasa sakit perut kalau mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung laktosa. Kalau kamu sudah tahu memiliki intoleransi laktosa, sebaiknya nggak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung bahan hasil olahan susu. 

Diverticulitis

Ada lubang pada usus besar, yang dinamakan dengan Diverticulitis. Gejalanya, rasa sakit terasa pada perut bagian bawah. Kamu nggak perlu panik karena kondisi ini. Tapi, kamu harus jaga makan dan harus makan makanan yang kaya akan serat. Jangan bandel dan nggak mau makan sayur, ya!

Endometriosis

Nah, gangguan ini cuma bisa dialami cewek, nih. Endometriosis ini terjadi karena sel dari lapisan rahim lepas dan tumbuh di tempat lain pada tubuhmu. Biasanya, di sekitar panggul. Nah, kondisi ini bikin perutmu sakit, mens nggak teratur dan bisa menyebabkan kemandulan. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading