Sukses

Lifestyle

Bahaya, Ini 3 Akibat Bersihkan Telinga Pakai Cuttonbud

Fimela.com, Jakarta Sebagai cewek, kamu mungkin ingin tubuhmu selalu bersih dan wangi. Wajar kalau kamu selalu beli parfum atau membersihkan serta merawat tubuh sesering mungkin. Termasuk kebersihan telinga

Kamu nggak mau kalau banyak kotoran di dalam telinga sampai kelihatan dari luar oleh orang lain. Makanya, kamu membersihkan telinga sesering mungkin biar nggak malu-maluin. 

Bersihkan telinga menggunakan cuttonbud atau bahkan alat lainnya seperti bobby pin, lidi, dan benda tajam lainnya sebenarnya nggak boleh, lho! Tapi apa daya, cuttonbud dijual di mana-mana dengan harga terjangkau, termasuk di toko obat. 

Kamu mungkin percaya kalau cuttonbud itu steril atau at least bersih, lah. Tapi, bukan masalah itu yang bakal menimbulkan gangguan pendengaran. Ada banyak masalah lain yang mengincar kalau terlalu sering membersihkan telinga pakai cuttonbud. 

Masuk Binatang

Kamu mungkin nggak suka dengan adanya kotoran telinga. Kalau jumlahnya terlalu banyak, kamu memang harus membersihkannya. Kotoran telinga yang berlebihan juga nggak baik buat kesehatan. 

Tapi, kalau kamu selalu membersihkan telinga, kamu nggak punya lagi 'penjaga.' Artinya, binatang akan mudah masuk. Seperti semut, lama-lama, kecoa, dan binatang kecil lainnya. 

Soalnya, kotoran telinga ini juga berguna lho buat membunuh binatang kecil yang masuk ke dalam telinga. Jangan sampai seperti seorang cewek di Amerika Serikat yang merasa telinganya gatal. Dia bercerita kepada Women's Health Magazine, saat diperiksa, ternyata ada laba-laba hidup di dalam telinganya yang sudah bertelur. Ih, seram! Jadi, jangan bersihkan telinga pakai cuttonbuds terlalu sering. Lebih baik ke dokter THT saja. 

Jerawat dalam Telinga

Kisah yang juga nggak kalah menyeramkan datang dari cewek lain yang juga tinggal di Negeri Paman Sam. Kalau cewek yang satu ini, tulis Women's Health Magazine, terlalu dalam saat membersihkan telinga pakai cuttonbuds. Akhirnya terjadi sebuah infeksi di dalam telinganya. 

Infeksi tersebut kemudian menimbulkan jerawat di dalam telinga. Karena letaknya yang sangat dalam, dokter pun nggak bisa membersihkan jerawatnya. Akhirnya, dokter memberikan obat tetes yang mahal banget untuk mengobati bisul/jerawat dan menghentikan infeksi. Obatnya mahal, lho! Kira-kira Rp1,3 juta! 

Tuli Sebelah

Kotoran telinga bisa terdorong masuk ke dalam akibat cuttonbuds. Mungkin ini nggak terdengar sangat menyeramkan. Tapi, gara-gara gendang telinga tertutup, suara nggak bisa terdengar. Kamu nggak mau, kan, jadi tuli sebelah? Makanya, lebih baik ke dokter untuk pembersihan telinga yang benar dan nggak berisiko. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading