Sukses

Lifestyle

Ini 4 Gejala Endometriosis yang Diderita Zaskia Sungkar

Fimela.com, Jakarta Soal momongan, buat pasangan baru, pasti sangat dinanti-nanti kedua belah pihak keluarga. Belum lagi dari teman-teman dan juga saudara jauh yang terus bertanya "mana momongannya?" setiap kali bertemu. Mungkin hal ini juga yang dialami Zaskia Sungkar. Baru-baru ini, istri dari Irwansyah menjalani operasi di salah satu rumah sakit Malaysia lantaran ada endometriosis dan fibroid. 

Penyakti inilah, yang katanya menjadi penyebab perempuan yang akrab disapa Kia ini susah mendapatkan momongan. Kepada Bintang.com, dirinya pun sudah melakukan berbagai cara untuk bisa hamil. Mulai dari minum hormon, hingga pantangan melihat screen saat shooting. 

Namun, cara-cara tersebut ternyata gagal. Kia baru-baru ini menjalani operasi di Negeri Jiran. Menurut pengakuan sang bunda, Fanny Bauty, terdapat lemak pada saluran kandungan Kia. 

Setelah lemak diangkat, dokter mengatakan Zaskia Sungkar akan lebih mudah mendapatkan momongan. Tapi, yang lebih penting, endometriosis dan fibroid itu nggak banyak cewek yang tahu, lho. Padahal, penyakit yang cuma bisa dimiliki kaum hawa ini sangat penting dan harus cepat ditangani dengan melakukan operasi. Supaya nggak terlambat, apa sih gejala yang harus kamu waspadai?

Sakit Saat Menstruasi

Salah satu gejala yang terlihat pada cewek dengan endometriosis adalah rasa sakit pada saat menstruasi. Ini memang termasuk gejala. Tapi, dilansir dari Mayo Clinic, memiliki tanda ini nggak langsung berarti kamu memiliki endometriosis, lho! Jadi, kalau sakit saat mens, nggak perlu panik dan konsultasikan saja ke dokter kandungan. 

Nggak Nyaman Saat Bercinta

Buat kamu yang sudah menikah, seks itu nggak selalu nyaman. Banyak banget faktornya temasuk kalau kamu lagi capek, atau bahkan kurang 'pemanasan.' Ini hal wajar yang nggak perlu kamu takutkan. Tapi, kalau kamu siap dan seks masih saja terasa sakit, lebih baik kamu konsutasikan dirimu ke dokter, deh. Soalnya, bisa jadi endometriosis.

Sakit Saat Pipis

Selama masa menstruasi, bisa saja perut bagian bawahmu sakit pada saat kencing. Ini bukan sakit ginjal. Tapi dilansir dari Medicine Net, ini salah satu gejala endometriosis. 

Nggak Subur

Endometriosis sering kali terdekteksi pada saat pasien memeriksakan dirinya ke dokter kandungan dan mengeluh susah mendapatkan anak. Nah, ketidaksuburan inilah yang juga bisa menjadi salah satu tanda utama kamu memiliki endometriosis. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading