Sukses

Lifestyle

Apa Itu Endometriosis yang Diderita Zaskia Sungkar?

Fimela.com, Jakarta Zaskia Sungkar belakangan ini kabarnya baru selesai menjalani sebuah operasi di salah satu rumah sakit di Malaysia. Usut punya usut, artis yang kerap disapa Kia ini ternyata menderita endometriosis dan fibroid.

Endometriosis inilah yang disinyalir menjadi penyebab Kia sulit mendapatkan momongan meski sudah mencoba banyak cara. Mulai dari konsumsi hormon hingga nggak mau melihat ke screen setiap kali dia ikut shooting. 

Endometriosis sebenarnya bukan penyakit langka. Artinya, sudah banyak kasus yang terjadi baik di luar negeri maupun di Idonesia. 

Namun, sepertinya belum banyak yang tahu soal Endometriosis itu sendiri. Benar, nggak kalau ini bisa menyebabkan kemandulan? Seberapa bahayanya buat nyawa? Terus, apa penyebabnya? Jangan-jangan, ini termasuk penyakit yang nggak bisa disembuhkan! 

Endometrium di Tempat yang Salah

Konsultan fertilitas dr. Caroline Tirtajasa, Sp.OG(K) mengatakan kepada Liputan6, kalau endometriosis itu suatu kondisi di mana jaringan endometrium atau dinding dalam rahim di tempat yang bukan seharusnya. 

Keberadaan yang abnormal ini bisa di mana saja. Mulai dari indung telur, otot rahim, selaput dinding panggul, dan organ lainnya. 

Sebabkan Kemandulan?

Apakah akan menyebabkan kemandulan? Untungnya, menurut Caroline, perempuan dengan endometriosis masih memiliki harapan untuk hamil. Sementara dokter spesialis kebidanan dan kandungan RS Bunda Menteng Ivan Sini menyarankan untuk melakukan konsultasi kepada dokter kandungan. 

"Konsultasikan dengan dokter kandungan dan lakukan pemeriksaan atau skrining. Jika endometriosis terjadi akibat gangguan hormonal, bisa disembuhkan menggunakan obat-obatan pengatur produksi hormon. Jika endometriosis dalam bentuk kista, dapat dilakukan dengan operasi laparoskopi diikuti terapi hormonal," kata Ivan kepada Liputan6. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading