Sukses

Lifestyle

Selain Indonesia, 6 Negara Ini Sehari-hari Juga Pakai Bahasa Jawa

Fimela.com, Jakarta Siapa sih yang nggak bangga ketika mendengar kebudayaan Indonesia salah satunya Jawa bisa diterima dan mendunia. Ya, kamu harus tahu kalau ternyata bahasa Jawa itu nggak cuma dipakai oleh masyarakat Jawa di Indonesia tetapi juga di beberapa negara di dunia.

Nah, mau tahu negara mana saja yang menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-harinya? Berikut ini adalah enam nagara yang menggunakan bahasa Jawa dilansir dari berbagai sumber.

1. Belanda

Negara yang pernah menjajah Indonesia ini ternyata memiliki banyak peminat bahasa jawa. Di Belanda juga ada banyak pakar basa Jawa lho, bahkan ada naskah-naskah kuno dengan huruf Jawa yang terawat di Universiteit Leiden, Belanda.

2. Suriname

Suriname, negara bekas jajahan Belanda yang letaknya di Amerika Selatan ini menggunakan bahasa Jawa sebagai salah satu dialek yang digunakan. Banyaknya orang Indonesia khususnya Jawa pun menjadikan bahasa Jawa jadi salah satu bahasa sehari-hari yang digunakan.

3. Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara yang banyak dihuni oleh masyarakat Jawa. Bahkan jumlah penduduk di Selangor dan Johor hampir 20 persennya adalah orang Jawa. Di Johor khususnya, kamu bisa menamukan Parit Jawa yait tempat yang sangat kental dengan nuansa Jawa.

4. Singapura

Sama halnya dengan malaysia, Singapura juga jadi salah satu negara yang banyak didiamin masyarakat Jawa. Masyarakat Jawa datang ke Singapura sejak 1825 dan mereka hidup berdampingan dengan etnis lainnya yaitu Melayu dan Cina.

5. Kaledonia Baru

Negara yang terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik ini ditinggali banyak orang Jawa yang datang sejak 1896 untuk bekerja di pertambangan nikel. Keturunan Jawa di negara ini jumlahnya lebih dari 7.000 orang yang terbagi menjadi tiga kategori, yaitu golongan Niaouli, Golongan wong baleh dan golongan wong jukuan.

6. Kepulauan Cocos

Wilayah yang masuk dalam teritorial Australia ini mayirat dihuni oleh orang Melayu yang sebagian berasal dari etnis Jawa. Di sini ada banyak orang dari enis Jawa yang masih memegang erat kebudayaan Jawa, mulai dari menggunakan bahasanya sampai penggolongannya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading