Sukses

Lifestyle

5 Fakta Max Born yang Akan Bikin Kamu Terkejut

Fimela.com, Jakarta Max Born menjadi salah satu nama yang paling dicari setelah muncul di Google Doodle, Senin (13/12/2017). Mengenal sosok Max Born, pria kelahiran 11 Desember 1882 ini bukanlah pria biasa, melainkan seorang fisikiawan yang memiliki pengaruh besar terhadap perkembangan teknologi.

Agar kamu lebih mengenal sosok Max Born, berikut ini adalah lima fakta tentang sang fisikiawan yang akan bikin kamu terkejut, dilansir dari berbagai sumber.

1. Penerima Nobel

Max Born memenangkan hadiah Nobel pada 1954 bersama Walther Bothe atas karyanya mengenai teori yang menggunakan probabilitas untuk memprediksi lokasi partikel gelombang. karya tersebut pun dikenal sebagai Born Theory yang menjadi dasar dari fisika kuantum hingga saat ini.

2. Seorang yang berpengaruh terhadap teknologi

Karyanya terkait fisika kuantum ternyata menjadi pemicu perkembangan besar teknologi seperti laser, MRI dan komputer.

3. Dipuji dunia

Karya dan dedikasinya pada dunia sains membuatnya mendapat banyak pujian. Ia pun kemudian menjadi anggota kehormatan akademi di Rusia, India, Rumania, Peru, Irlandia, Skotlandia, Denmark, Swedia dan Amerika Serikat.

4. Cemas akan ledakan nuklir

Max Born menjadi salah satu ilmuan yang cemas akan digunakannya nuklir pada perang dunia. Untuk mencegah hal tersebut, lewat deklarasi Gottingen Eighten  bersama ilmuan lainnya ia pun membuat kesepakatan dengan militer Jerman Barat untuk tak menggunakan nuklir sebagai senjatanya. 

5. Dipecat dan Pensiun

Max Born sempat menerima posisi sebagai profesor fisika teoritis di Universitas Göttingen pada tahun 1921, namun pada April 1933 ia dipecat. Ia pun kembali ke sebuah kota dekat Göttingen pada tahun 1953 untuk menikmati masa pensiunnya dan meninggal pada tahun 1970 diusia 87 tahun.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading