Sukses

Lifestyle

Bukan Pacar tapi Cemburu? Begini Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Banyaknya aturan, komitmen, dan ikatan emosi mendalam yang kerap menimbulkan pertikaian membuat beberapa orang akhirnya menyerah dan memilih untuk menjalani hubungan terbuka atau open relationship alias hubungan tanpa status (HTS). Hayooo... Pernah, nggak kamu terlibat dalam hubungan tersebut.

Bagi orang-orang yang telah berkomitmen memilih hubungan tersebut mungkin akan terasa menyenangkan, karena nggak harus terikat dengan komitmen dan janji-janji yang membuat merasa terkekang dan terbatas. Namun, hubungan tersebut pun kadang menimbulkan dilema tersendiri dalam diri.

Pada hubungan terbuka yang notabene nggak ada ikatan mendalam dan seharusnya nggak menimbulkan rasa cemburu satu sama lain, malah timbul rasa cemburu diam-diam yang bikin uring-uringan sendiri. Mau bilang, tapi kok rawan banget, ya? Secara nggak ada status pacaran. Lantas, bagaimana caranya mengatasi rasa cemburu pada hubungan tanpa status? Yuk, simak tips dari Wendy-O Matik, penulis Redefining Our Relationships: Guidelines for Responsible Open Relationships dihimpun dari Your Tango.

Hilangkan Stigma

Orang yang hidup dengan hubungan HTS sering merasa bersalah dan kecewa pada dirinya sendiri karena rentan rasa cemburu. Rasa tersebut bisa berwujud seperti tiba-tiba menjauh atau curiga. Menurut Matik, orang-orang yang memiliki hubungan HTS dapat merasa terdorong untuk menyembunyikan kecemburuan karena menurut mereka cemburu adalah rasa yang salah. Seharusnya, katakan saja jika memang cemburu dan lupakan jika stigma cemburu pada hubungan HTS itu nggak banget.

Bikin Batasan dan Patuhi

Hubungan HTS bukan berarti nggak punya aturan. Menciptakan batasan sehingga kamu dan pasangan kamu tahu batas permisif masing-masing. Mungkin bukan sebuah masalah menghabiskan akhir pekan bersama orang lain, tapi sebagai 'pasangan' yang baik, pasti akan kembali setelahnya. Mungkin terbesit sedikit cemburu, tapi itu akan membuat hubungan berjalan dengan waras.

Peduli pada Diri Sendiri

Matik menekankan pentingnya tanggung jawab pribadi dan aktivitas menenangkan diri dalam HTS. Sebab, kamu nggak bisa mengandalkan 'pasangan' untuk membantu memenuhi kebutuhanmu 7/24 jam. Sehingga dibutuhkan kemandirian dan aktivitas-aktivitas menyenangkan yang bisa kamu lakukan saat sedang tak bersamanya. Hal-hal tersebut juga bisa mengalihkan rasa cemburu yang kerap menghantui.

Yakinkan Satu Sama Lain

Menyampaikan kecemburuan harus selalu dipenuhi dengan rasa hormat dan pengertian. Sebab, mengabaikan atau meremehkan ketakutan yang dihasilkan dari rasa cemburu hanya akan memperbesarnya. Jika dia cemburu, nggak ada salahnya untuk kamu memberikan pengertian dengan kata-kata yang menenangkan, ketimbang janji-janji yang bisa membuat hubungan jadi terikat.

 

Pahami Bahwa Ada Sisi Baik dari Cemburu

Matik memandang cemburu sebagai "emosi pemandu wisata". Ya, di mana dengan mengeksplorasi penyebabnya dapat menghasilkan kesadaran diri yang lebih dalam. Menunjukkan cemburu dengan emosi mungkin akan membuat buruk hubungan, sebaliknya, mengungkapkannya dengan tenang akan membuat cemburu tersampaikan dan hubungan tetap terjaga. Semua hubungan, terutama HTS mungkin bisa berjalan dengan baik dengan mengharapkan kecemburuan sebagai sesuatu yang tak dihindari tapi bisa diatasi. Menurut  Matik, kecemburuan mungkin akan terjadi di beberapa keadaan, tapi bukan berarti ada sesuatu yang salah atau cacat dalam hubungan. Sebab, yang penting adalah kamu bisa mencintai lebih dari hal-hal nggak bikin kamu cemburu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading