7 Perayaan Tahun Baru Unik dari Seluruh Dunia, Mau Coba?

Lanny Kusumastuti30 Des 2017, 17:20 WIB
Ribuan Balon Dilepas di Langit Brasil

Bintang.com, Jakarta Datangnya tahun baru adalah sebuah hal yang spesial dan membawa semangat. Untuk menyambutnya, berbagai persiapan pun dilakukan, mulai dari membuat resolusi, merancang agenda hingga menyiapkan pesta tahun baru. 

Bicara soal tahun baru, tahu nggak sih kalau perayaannya itu ternyata nggak melulu dilakukan dengan membakar kembang api dan makan-makan saja. Di berbagai negara di belahan bumi ini, rupanya ada banyak cara menarik untuk menyambut datangnya tahun baru.

Nah berikut ini ada tujuh perayaan tahun baru unik dari berbagai negara yang dilansir dari laman Insider.

[Bintang] Tahun Baru
Festival Thingyan, di Myanmar (ROBERTO SCHMIDT / AFP)

1. Festival Thingyan

Festival air ini menjadi salah satu tradisi yang digelar saat menyambut tahun baru yang berlangsung pada pertengahan April di Myanmar. Selain sebagai ritual pembersihan diri, perayan ini juga dilakukan untuk menandai kedatangan thagyamin, sosok Buddha dengan menambakkan meriam air.

2. Menanam pohon di sungai beku.

Di Siberia ada tradisi menanam pohon di sungai beku saat perayaan tahun baru. Ya, untuk menanamnya harus masuk ke danau beku, yang mana hal ini juga ditujukan sebagai simbol untuk memulai awal hidup yang baru.

3. Makan 12 anggur tengah malam.

10 Tradisi Unik di Dunia Untuk Rayakan Malam Tahun Baru
Makan 12 anggur di Spanyol merupakan tradisi rayakan tahun baru. (Sumber Foto: buscafs.com)

Di Spayol ada tradisi harus memakan 12 buah anggur saat tengah malam. Nggak sembarangan, aturannya mereka harus memasukkan ke-12 anggur tersebut ke mulut, satu detik saat pergantian hari, yang mana tradisi ini ditujukan untuk mendapatkan keberuntungan di tahun baru.

4. Melempar bunga ke laut.

Ritual melempar bunga putih ke laut ini dilakukan di brazil pada malam tahun baru, sebagai persembahan kepada Dewi Laut. Konon katanya, jika samudra mengembalikan bunga persembahanmu, itu tandanya Sang Dewi tak menerima, tapi tenang, tak ada hukumannya kok.

5. Memecahkan piring.

[Bintang] Tahun Baru
Ilustrasi piring pecah. (Sumber Foto: peachesandprosciutto)

Tradisi memecahkaan piring ini ada di Denmark. Mereka percaya, memecahkan piring porselen yang rusak atau tidak terpakai bisa membawa keberuntungan. Semakin tinggi tumpukan piring yang pecah, maka semakin besar keberuntungannya.

6. Mengenakan celana dalam merah.

Mengenakan celana dalam warna merah saat thun baru adalah salah satu tradisi di Italia. Katanya tradisi ini akan membuat orang yang memakai celana dalam merah bisa beruntung dalam hal percintaan di tahun baru.

7. Berkumpul di pemakaman.

[Bintang] Tahun Baru
Berkumpul di pemakaman jadi tradisi di Chili. (Sumber Foto: topyaps)

Tradisi tahun baru berkumpul di pemakaman ini berlangsung di Chili. Perayaan ini ditujukan untuk merayakan tahun baru bersama orang terkasih yang telah meninggal dunia.

Lanjutkan Membaca ↓