3 Makanan Sehat yang Bikin Kamu Jerawatan

Karla Farhana03 Jan 2018, 02:30 WIB
Cara Mudah Lenyapkan Bekas Jerawat (George Rudy/Shutterstock)

Bintang.com, Jakarta Jerawat sudah pasti menjadi 'musuh' semua cewek. Selain bikin wajah kurang cantik dan menawan, jerawat juga sangat menggangu. Soalnya, jerawat itu kadang bikin pusing dan sakit. 

Banyak, sih, produk-produk kecantikan yang 'katanya' bisa menghilangkan atau at least mengurangi jerawat. Tapi, nggak semuanya ampuh karena banyak cewek yang akhirnya tetap harus ke dokter kecantikan untuk menghilangkan jerawat. 

Produk kecantikan memang nggak bisa jadi andalan, sih. Soalnya, seperti yang ditulis Women's Health Magazine, kamu harus cari tahu dulu penyebab utama timbulnya jerawat. 

Sebagian cewek nggak sadar kalau makanan nggak sehat seperti gorengan dan cokelat bisa bikin jerawatan tambah banyak. Tapi, ternyata juga ada makanan yang selama ini kamu pkir sehat justru jadi biang keladi timbulnya banyak jerawat

Protein Shake

Tak Menyukai Yoghurt? Wujudkan Jus Smoothie dengan Selai Kacang
Untuk Anda yang kurang menyukai rasa asam dari yoghurt, ganti dengan selai kacang. Dijamin jus smoothir yang Anda buat akan terasa nikmat. (Foto: Istockphoto)

Kamu yang suka banget olahraga di gym biasanya mengonsumsi smoothie atau jus buah yang dicampur dengan protein shake. Bubuk yang terbuat dari whey protein ini memang sehat dan membantumu mengurangi berat badan. 

Tapi ternyata, whey protein ini justru bikin kamu jerawatan. Soalnya whey itu mengatur hormon androgenik seperti testosteron pada cowok. Nah, kalau pada tubuh cewek, whey ini juga meningkatkan jumlah pertumbuhan insulin pada tubuh. 

Pertumbuhan insulin yang meningkat ini juga bisa meningkatkan produksi minyak sehingga kamu jadi jerawatan. Nah, supaya nggak jerawatan lagi, lebih baik ganti protein shake-mu dengan merk ain yang menggunakan pea protein powder. 

Greek Yogurt

[Bintang] 6 Makanan Ringan yang Ternyata Ramah Bagi Penderita Diabetes
Greek yogurt (Via: learn.uvm.edu)

Greek Yogurt baik banget buat kesehatanmu. Apa lagi, probiotik yang ada dalam yogurt ini juga bisa menjaga keseimbangan bakteri baik dalam vagina. 

Sayangnya, yogurt ini bisa bikin cewek yang memiliki hormon estogren berlebih jadi jerawatan.  

Udang

Masakan Bali
Rujak Udang dan Jeruk Bali (Liputan6.com/Pool/Putu Made)

Selain enak, udang juga merupapakan salah satu sumber protein yang paling tinggi. Sayangnya, lagi-lagi makanan enak harus kamu hindari. Soalnya udang (juga kepiting) bikin sebagian cewek jerawatan. Tapi, ini cuma berlaku buat kamu yang alergi dengan udang dan kepiting. 

Lanjutkan Membaca ↓