Sukses

Lifestyle

Fakta Unik Rafflesia Arnoldii, Bunga yang Lagi Ulang Tahun ke-25

Fimela.com, Jakarta Rafflesia Arnoldii atau yang juga dikenal sebagai bunga bangkai, Selasa (9/1/2018) menghiasi situs pencarian terbesar di dunia, Google. Ya, tepat di hari tersebut Presiden Soeharto menandatangani Keputusan Presiden Nomor 4 Tahun 1993 yang menetapkan Rafflesia Arnoldi sebagai salah satu Bunga Nasional Indonesia.

Itu artinya kini Rafflesia Arnoldii sudah berusia 25 tahun dan Google pun merayakannya dengan membuat bunga berwarna merah tersebut menjadi Google Doodle. Mau tahu lebih banyak tentang bunga Rafflesia Arnoldi? Kamu tinggal meng-klik gambar bunga Rafflesia Arnoldi yang muncul dalam halaman utama Google, nantinya semua pencarian tentang bunga tersebut langsung terlihat.

Bunga Rafflesia Arnoldii memang terlihat sangat cantik dengan warna merah yang sangat pekat, tapi nyatanya banyak orang yang tak suka dengan bau bunga tersebut. Dikenal sebagai bunga bangkai Rafflesia Arnoldii memang mengeluarkan bau seperti bangkai yang sangat menyengat. Selain itu, inilah beberapa fakta tentang Rafflesia Arnoldi yang harus kamu tahu seperti yang telah dilansir oleh Bintang.com dari berbagai sumber.

1. Penemu Rafflesia Arnoldi: Buku Rafflesia of the World karya Jamili Nais mengungkapkan jika penemu Rafflesia Arnoldii pertama kali bukanlah Joseph Arnold, lantaran jauh sebelumnya atau tepatnya 25 tahun sebelumnya Rafflesia Arnoldii telah ditemukan leh Louis Auguste Deschamp.

2. Rafflesia Arnoldii Ditemukan di Bengkulu. Bunga dengan bau yang tidak enak ini pertama kali ditemukan di hutan tropis Bengkulu, tepatnya di dekat Sungai Manna, Lubuk Tapi, Bengkulu Selatan. Nggak heran kalau Bengkulu juga dikenal sebagai The Land of rafflesia.

3. Rafflesia Arnoldii Cepat Mati. Kehidupan bunga yang satu ini sangatlah singkat sehingga tak heran kalau bunga ini sangatlah langka. Bunga ini hanya berumur sekitar lima atau tujuh hari setelah itu Rafflesia Arnoldi akan layu dan mati.

4. Bentuk Unik Bunga Rafflesia Arnoldii. Kelopak bunganya merah montok dan dihiasi bintik-bintik putih. Bunga yang satu ini tumbuh merambat dan tak berdaun sehingga tak mampu melakukan fotosintesis.

5. Bunga Rafflesia Arnoldi Terbesar di Dunia. Bunga ini bisa tumbuh mencapai ukuran diameter 1 meter. Ada pula yang bisa mencapai diameter 1.05 meter. Berat bunga Rafflesia Arnoldi bisa mencapai 11 kilogram.

 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading