Sukses

Lifestyle

5 Fakta Zhou Youguang, Pria Hebat yang Jasanya Mendunia

Fimela.com, Jakarta Nama Zhou Youguang tengah menjadi perhatian publik setelah sosoknya muncul sebagai Google Doodle pada Sabtu (13/1/2018) lalu. Mengorek kehidupan Zhou Youguang, pria ini disebut-sebut sebagai seorang yang hebat dan punya jasa yang mendunia.

Mau tahu bagaimana kehidupan dan jasa seorang Zhou Youguang? Berikut ini adalah lima faktanya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Father of Piyin

Zhou Youguang memiliki julukan sebagai Father of Piyin atau Bapak Piyin. Julukan tersebut didapatkannya setelah berhasil menciptakan piyin, sebuah sistem romanisasi bahasa Mandarin Cina, di mana ia menyederhanakan aksara Tionghoa ke dalam alfabet romawi.

2. Supercentenarian Tiongkok

Zhou Youguang adalah salah satu Supercentenarian atau seseorang yang berhasil melewati usia 110 tahun di Tiongkok, sebelum akhirnya ia meninggal di usia 111 tahun, pada 13 Januari 2017.

3. Ahli Ekonomi dan Linguistik

Rupanya sebelum menjadi soerng ahli linguistik, Zhou Youguang adalah seorang ahli ekonomi lho!

4. Kritikus Pemerintah

Zhou Youguang juga dikenal sebagai kritikus pemerintah, selama hidupnya ia telah menunjukkan keberanian politik yang begitu besar.

5. Menikahi putri dari keluarga terkenal

Sosok Zhou Youguang yang tak biasa pun mampu menaklukkan putri dari keluarga terkenal bernama Zhang Yunhe, seorang ahli kunqu yang tak lain adalah salah satu bentuk opera Cina.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading