Sukses

Lifestyle

5 Fakta Sergei Eisenstein, Teman Baik Charlie Chaplin

Fimela.com, Jakarta Sosok Sergei Eisenstein muncul dalam Google Doodle kemarin (22/1/2017), yang mana hal tersebut adalah sebuah bentuk penghargaan sekaligus perayaan ulangtahunnya yang ke-120. Namun siapa sangka, pria yang dikenal sebagai bapak montase ini ternyata adalah seorang teman dekat Charlie Chaplin.

Ya, mendengar nama Charlie Chaplin tentu kamu nggak asing ya. Melansir laman Hollywoodlife, Sergei Eisenstein dan Chaplin adalah sahabat dekat, yang mana mereka kerap menghabiskan banyak waktu bersama untuk berpikir hingga terbahak bersama.

Dibanding dengan Charlie Chaplin, nama Sergei Eisenstein memang tak sepopuler comic actor asal Amerika tersebut. Biar makin kenal, ini dia 5 fakta tentang Sergei Eisenstein yang istimewa dan harus kamu tahu.

1. Sergei Eisenstein adalah 'Bapak Montase'.

Selain terkenal sebagai sutradara yang menghasilkan berbagai film ciamik, Sergei Eisenstein juga dikenal sebagai bapak Montase. Dalam istilah perfilman, Montase adalah teknik mengedit potongan film tematik yang terpisah lalu digabungkan menjadi sebuah film yang tertata rapi.

2. Belajar Film ke Berbagai Benua dan Penolakan

Kecintaannya pada film membawa Sergei Eisenstein pergi keliling Eropa dan Amerika Serikat untuk belajar film bersuara. Sempat menjajal Hollywood, Einstein pun mengalami penolakan yang bertubi-tubi.

3. Memenangkan Berbagai Penghargaan

Meski sempat mengalami berbagai penolakan, namun Einstein mampu membuktikan kualistas dirinya dengan menciptakan film-film revolusioner, yang banyak mengangkat kisah para pekerja yang tertindas. Buktinya ia berhasil mendapatkan bergengsi seperti Stalin Prizes yang ia terima sebanyak dua kali, Artis Terhormat RSFSR, dan Order of Lenin di tahun 1939 untuk filmnya Alexander Nevsky.

4. Seorang Insinyur

Sebelum menggeluti dunia film, Sergei Eisenstein sempat menjadi seorang insinyur. Ayahnya sendiri adalah seorang arsitek yang terkenal kaya raya.

5. Meninggal Diusia Setengah Abad

Sergei Eisenstein meninggal di tahun 1948 pada usia 50 tahun. Serangan jantung menjadi penyebab kematinnya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading