Sukses

Lifestyle

3 Bahan Alami Hilangkan Kulit Kepala Mengelupas

Fimela.com, Jakarta Buat cewek, rambut merupakan mahkota. Makanya, jangan sampai menjadi kusam, apa lagi kering dan nggak terawat. Nggak perlu ke salon setiap minggu, kamu cuma butuh kesabaran dan telaten untuk merawatnya. 

Tapi, perawatan rambut bukan cuma satu-satunya yang harus kamu pelihara. Kulit kepala juga harus kamu jaga kesehatannya, lho! Kalau dibikin daftar, banyak banget masalah kulit kepala yang bisa bikin kamu gatal-gatal, dan bahkan malu di depan orang banyak.

Salah satu masalah yang banyak cewek rasakan adalah kulit kepala mengelupas. Bukan, bukan ketombe. Ini kulit kepala. Saat kamu menggaruk atau menyibakkan rambut, ada 'salju' yang berjatuhan. 

Tapi ini, ini bukan putih-putih salju biasa seperti ketombe. Ini kulit kepala. Kalau kamu lihat dengan seksama, 'salju' itu merupakan kulit kepala yang mengelupas dan pecah-pecah. Jangan pakai sampo anti ketombe, begini cara menghilangkannya. 

Aturan Keramas yang Benar

Banyak cewek yang keramas setiap hari. Bahkan, mereka keramas setiap kali mereka mandi. Artinya, bisa sampai dua kali dalam sehari! 

Meskipun niatnya supaya kulit kepala dan rambut bersih serta wangi, tapi cara ini justru bikin kulit kepala nggak sehat. Soalnya, ada banyak bahan kimia pada sampo yang bisa bikin kulit kepala kering. Nah, kalau sudah kering, terus nggak diberi pelembab, jadilah kulit pecah-pecah dan rontok. 

Pakai Sampo yang Benar

Bisa jadi, kulit pecah-pecah dan rontok karena ada jamur. Jadi, kulit yang mengelupas dalam kasus ini sebenarnya adalah ketombe. 

Nama kerennya seborrheic dermatitis. Jadi, macam ketombe itu ada banyak. Ada yang cuma seperti salju kecil-kecil. Ada juga yang yang agak besar dan kalau dilihat dengan seksama bentuknya seperti kulit yang mengelupas.

Prevention menulis, kamu harus cari sampo yang mengandung selenium sulfide untuk mengusir ketombe.

Minyak Alami

Cara lain mengusir kulit kepala mengelupas adalah dengan menutrisi dan juga melembabkan kulit. Coba beri sedikit minyak alami seperti minyak kelapa, almond, atau juga castor. Pijat setiap hari agar aliran darah di kepala lancar, sehingga kulit jadi lebih sehat dan rambut indah. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading