Sukses

Lifestyle

Sejarah Valentine dan Kisah Cinta Kelam Dibalik Perayaannya

Fimela.com, Jakarta Selamat Hari Valentine! Setiap tahunnya, tanggal 14 Februari menjadi hari suka cita untuk merayakan kasih sayang bersama pasangan. Tapi tahu nggak sih, dibalik perayaan Valentine yang begitu meriah, ternyata ada sejarah kisah cinta kelam yang akan membuat bulumu bergidik.

Bicara soal sejarah Valentine, melansir laman Guardian, kisah perayaan hari kasih sayang ini diawali oleh pria di tahun 200-an Masehi bernama Valentie atau Valentinus, yang tewas secara mengenaskan.

Gereja Katolik mengakui ada 3 santo atau orang suci bernama Valentine atau Valentinus. Salah satu kisah menyebutkan bahwa Valentine melanggar perintah Kaisar Romawi Cladius II, yang melarang para tentara muda untuk menikah, karena baginya menikah akan membuat nyali para prajurit 'menciut'.

Sayangnya, Uskup Valentine melanggar perintah tersebut dengan menikahi salah satu tentara dengan pasangannya secara diam-diam. Sampai akhirnya sang Raja mengetahui pernikahan tersebut dan mengeksekusi mati Valentine.

Selain cerita di atas ada juga kisah cinta tragis yang disebut menjadi asal-usul hari Valentine. Di mana ada seorang pemuka agama yang juga dari Kekaisaran Romawi tewas dan dibunuh karena kisah cintanya.

Pemuka agama yang membantu orang-orang Kristen yang dianiaya pada masa pemerintahan Claudius II disebut berhasil mengembalikan pengelihatan seorang gadis saat di penjara. Ia pun kemudian jatuh cinta. Namun sayang, kisah cinta Valentine tak berakhir bahagia karena ia dieksekusi mati di tanggal 14 Februari yang kini dirayakan sebagai Hari Kasih Sayang.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading