Sukses

Lifestyle

Biar Penyakit Hilang, Makan 5 Tanaman Herbal yang Lancarkan Peredaran Darah

Fimela.com, Jakarta Banyak orang tidak tahu kalau sistem peredaran darah itu sangat penting. Soalnya, darah merupakan sel pengangkut oksigen yang kemudian akan disebarkan ke seluruh tubuh, termasuk otak.

Selain oksigen, darah juga mengantarkan nutrisi dan juga zat lain yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, sistem peredaran darah harus dipelihara kesetahannya. 

Karena, dilansir dari Step to Health, Rabu (14/2/2018), rusaknya sistem peredaran drah bisa mengakibatkan masalah kesehatan yang besar. 

Peredaran darah yang kacau dapat menyebabkan rasa sakit yang berat pada sendi, varises, kerusakan rambut dan kuku, luka yang sukar sembuh, dan sebagainya. Guna mengatasi hal tersebut, berikut adalah tanaman herbal yang dapat Anda konsumsi untuk menjaga kelancaran peredaran darah:

Gandarusa

Tanaman berdaun hijau ini memiliki zat yang disebut salicylin. Zat tersebut merupakan salah satu antikoagulan terbaik yang dimiliki alam. Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan serutan kayu gandarusa.

Konsumsi teh gandarusa 30 menit sebelum sarapan pagi, dan darah akan mengalir dengan lebih baik.

Meadowsweet

Tak hanya indah, tanaman bunga yang satu ini pun dipercaya mampu mempercepat aliran darah Anda ketika terjadi gangguan pada pembuluh arteri. Lantaran tanaman meadowsweet mengandung senyawa antikoagulan dan antiinflamasi.

Serupa dengan gandarusa, Anda dapat mengonsumsi air rebusannya. Akan tetapi, minuman ini dapat Anda nikmati saat tengah hari. Hal ini akan menghindarkan Anda dari gejala kerusakan sistem peredaran darah.

Seledri

Tak hanya aromanya yang harum, seledri dapat mengatasi masalah sirkulasi darah yang buruk. Hal ini karena sifat diuretik dan detoksifikasi yang dimilikinya. Selain itu, senyawa yang terdapat pada seledri dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan produksi urin. Hal ini tentu dapat membuat darah Anda jauh lebih cair.

Untuk mengonsumsinya, Anda dapat meminum air rebusan seledri sebanyak tiga cangkir teh setiap harinya.

Jelatang

Tanaman dengan daun bersisi tajam ini merupakan salah satu suplemen zat besi terbaik bagi Anda yang menderita anemia. Sifat antikoagulan dan vasodialator pada daun jelatang dapat meningkatkan aliran darah Anda.Anda dapat mengonsumsi teh jelatang dua kali sehari. Hal ini dapat mengatasi masalah peredaran darah pada tubuh Anda.

Bunga Linden

Bunga berwarna kuning ini sejak lama dipercaya dapat memperkuat pembuluh arteri dan mengatasi masalah peredaran darah. Selain itu, tanaman ini pun dapat menenangkan Anda dari stres karena dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda dapat meminum secangkir teh bunga linden sekali sehari saat tengah hari atau sebelum tidur.

 

 

 

Reporter: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading