3 Gerakan CrossFit yang Bisa Bikin Kurus dalam Sekejap

Karla Farhana22 Feb 2018, 16:32 WIB
crossfit-131013b.jpg

Fimela.com, Jakarta Olahraga bukan cuma sekadar angkat beban di gym, lari di treadmill, atau ikut kelas yoga serta pilates. Tapi, olahraga juga bisa dengan ikut latihan CrossFit. 

Buat kamu yang belum tahu banyak soal kelas ini, CrossFit merupakan olahraga yang menggabungkan olahraga kardiovaskuler dengan angkat beban. Format olahraganya sirkuit training. 

Jadi, selama 1 menit, misalnya kamu lari di tempat. Nah, pada menit berikutnya kamu squad dengan mengangkat beban. Latihan ini memang sangat melelahkan, girls. Tapi efektif banget untuk menurunkan berat badan. 

Bukan cuma itu, dengan latihan ini, badan lebih cepat terbentuk. Soalnya, CrossFit bukan cuma membakar lemak tapi juga menguatkan serta membentuk otot dengan latihan beban. 

Gerakannya juga lebih fun. Soalnya, kamu nggak melakukan gerakan yang monoton atau yang itu-itu saja setiap pertemuan. Gerakannya pun diambil dari gerakan sehari-hari. 

"Kalau gerakan di olahraga Crossfit ini lebih kepada gerakan sehari-hari, seperti squat, dorong, tarik, lari, lempar. Perbedaannya ada di gerakan sehari-hari yang kita pergunakan," kata Oka kembali menjelaskan kepada Health Liputan6.com di Crossfit Camp , Hotel Garden, Kemang, Senin (17/2/2014) malam. 

Kalau kamu sudah gabung dalam kelas CrossFit, jangan lupa untuk melakukan semua gerakan dengan sungguh-sungguh, meskipun sepertinya latihan ini sangat berat. Dilansir dari Live Strong, ada 3 gerakan yang sangat penting dan harus kamu lakukan dalam latihan CrossFit supaya berat badan cepat turun. 

Box Jump

[Bintang] CrossFit
The Box Jump CrossFit | Sumber Foto: Livestrong.com

Kamu nggak butuh kotak yang fancy seperti pada gambar di atas. Kotak apa pun, bisa kamu pakai. Sesuaikan juga dengan tingkat kemahiranmu, lho! Jangan pilih box yang sangat besar. 

Latihan ini sangat sederhana. Dalam waktu tertentu, misalnya 1 menit, kamu harus lompat dari lantai ke atas box tersebut. Turun lagi, kemudian lompat lagi hingga waktu habis dan kamu harus berganti jenis gerakan. 

Squat dengan Beban

Squat
Beberapa gerakan olahraga sederhana yang bisa dilakukan sehari-hari membantu Anda mendapatkan bentuk tubuh sesuai harapan.

Untuk mengencangkan otot bokong dan memperbesar pinggul, latihan ini wajib buat kamu. Squat kalau pada ltihan biasa kamu lakukan tanpa beban. Nah, kalau di kelas CrossFit, kamu akan melakukannya dengan beban. 

Kalau buat pemula, kamu bisa memilih beban yang agak lebih ringan. Kalau sudah mahir, kamu boleh pilih beban yang lebih berat. Ingat, jangan sotoy pakai beban yang melebihi kapasitasmu, lho!

Pull Up

[Bintang] Pull Up
Pull Up | Sumber Foto: Huffington Post

Jangan lupakan otot-otot pada kedua lengan. Kamu mungkin sudah melakukan banyak latihan di kelas ini. Tapi jangan sampai latihan otot dada dan juga lengan terlupakan. 

Salah satu gerakan yang paling sering orang lakukan di kelas CrossFit adalah pull up. Kalau kamu pemula, kamu boleh cuma menggantungkan kedua tangan pada bar. Tahan beberapa hitungan atau menit. Kalau sudah mahir, coba angkat tubuhmu hingga dada menyentuh bar. 

Lanjutkan Membaca ↓