Sukses

Lifestyle

5 Fakta Baden Powell, Bapak Pramuka Sedunia

Fimela.com, Jakarta Robert Baden Powell, nama ini tentu nggak asing ya di telingamu, terlebih buat kamu yang aktif diberbagai kegiatan Pramuka. Ya, Baden Powell adalah Bapak Pramuka Sedunia, yang juga seorang letnan satu umum tentara Inggis dan penulis.

Lewat bukunya Scouting for Boys yang diterbitkan padda tahun 1908, ia mengajarkan banyak hal tentang gerakan kepanduan, yang kini telah diikuti dan diterapkan banyak orang diseluruh dunia. Mau tahu lebih jauh tentang sosok Baden Powell? Simak lima fakta tentangnya berikut ini, seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Karier Militer

Baden Powell mengggeluti kariernya sebagai tentara militer Inggris selama puluhan tahun. Menduduki posisi dua teratas saat ujian tentara, diusia 26 tahun, ia pun telah menjadi pemimpin diusia muda.

2. Menjadi mata-mata

Sepanjang karier militernya, Boden Powell pernah bekerja sebagai mata-mata, ia pergi ke Jerman, Austria, dan Rusia untuk belajar tentang kemajuan teknologi dan militer terbaru.

3. Mendirikan Pramuka

Bukan hal yang mudah mendirikan grakan Pramuka di tengah kesibukan Baden Powell di militer. Visinya untuk kepramukaan sangat dipengaruhi oleh tiga orang sezamannya, William Smith, Ernest Thompson Seton, dan Dan Beard.

4. Mengundurkan diri dari Angkatan Darat untuk Gerakan kepanduan Internasional

pada tahun 19100 Baden Powell mengundurkan diri dari ANgkatan Darat dan menjadi menjadi ketua Komite Pelaksana Gerakan Pemanduan. Baden-Powell melakukan perjalanan secara ekstensif untuk mempromosikan kepramukaan, termasuk perjalanan ke Amerika Selatan, Rusia, Kanada, dan Hindia Barat.

5. Kolaborasi bersama istri

Perjuangan Baden Powell menyebarkan gerakan kepanduan ini tak sendirian. Besama sang istri Olave St. Clair Soames dan adiknya Agnes Baden-Powell, mereka begitu aktif memberikan bimbingan untuk Gerakan Kepanduan dan Kepanduan Putri, sampai akhirnya Baden Powell meninggal di Nyeri, Kenya pada tahun 1941.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading