Sukses

Lifestyle

Diet, Begini Cara Kurangi Kalori pada Nasi

Fimela.com, Jakarta Nasi putih menjadi musuh buat orang-orang yang menjalani diet sehat, apa lagi yang ingin menguruskan badan. Soalnya, nasi putih biasa mengandung sangat banyak kalori dan juga gula. Karbohidrat pada makanan pokok kebanyakan orang Indonesia mengandung 125 kcal/100 gram! Tetapi, bagi Anda penggemar nasi putih, Anda tetap dapat menikmatinya meski sedang diet.

Mengutip dari Health, Rabu (28/2/2018), menurut penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan nasional American Chemical Society, kalori pada nasi putih dapat dipangkas hingga 60%. Hal ini dilakukan dengan menambahkan sedikit minyak kelapa sebagai salah satu jenis lemak dan membiarkannya dalam keadaan dingin di dalam kulkas.

Tak hanya itu, peneliti dari College of Chemical Science di Sri Lanka mencoba mencari tahu apakah makanan mengandung pati yang mudah dicerna mampu diubah menjadi pati yang tak dapat dicerna, sehingga menjadi rendah kalori. Mereka pun menggunakan beras yang nantinya akan dimasak menjadi nasi putih sebagai bahan percobaan.

Beras tersebut dimasak dengan sebelumnya ditambahkan satu sendok teh minyak kelapa. Setelah itu, beras yang sudah menjadi nasi putih pun dimasukkan ke dalam kulkas. Pada penelitian tersebut, hasil yang didapat adalah kalori nasi putih berkurang sebanyak 10 sampai 15%.

Pengawas penelitian dari College of Chemical Science di Sri Lanka, Pushaparaja Thavarajah, PhD, mengungkapkan molekul lemak dari minyak kelapa yang ditambahkan pada nasi putih dapat mencegah pencernaan yang lebih cepat, sehingga nasi putih pun memiliki kalori yang lebih rendah.

Jenis Karbohidrat Rendah selain Nasi Putih

Penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan American Chemical Society pun membuktikan makanan yang mengandung pati tahan lama memiliki kalori yang lebih rendah. Hal ini karena manusia tidak memiliki enzim guna mencerna pati yang tahan lama, sehingga kalori tidak diubah menjadi gula dan cepat diserap dalam aliran darah.

Oleh sebab itu, jika ingin mengonsumsi makanan mengenyangkan yang rendah kalori, Anda dapat mengonsumsi kacang polong, biji-bijian, kentang mentah, dan pisang mentah.

 

 

 

Reporter: Aretyo Jevon Perdana

Sumber: Liputan6.com

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading