Sukses

Lifestyle

Berakibat Fatal, Ini 3 Alasan Tak Boleh Main HP Saat BAB

Fimela.com, Jakarta Seperti Milenials lainnya, kamu mungkin sulit lepas dari ponsel kesayangan. Wajar, karena hampir semua kehidupanmu ada di dalam ponsel. Mulai dari pekerjaan, permainan, dan juga hiburan. Makanya, tak heran kalau kamu bawa ponselmu ke mana-mana, termasuk ke toilet saat BAB

Tapi nih ya, kebiasaan membawa HP ke mana-mana itu sebenarnya nggak baik. lho. Selain nggak sedap dipandang karena ketergantungan, HP yang selalu kamu genggam setiap saat nyatanya ngaruh banget sama kesehatan. Apalagi nih, kalau sampai sering kamu bawa masuk juga ke dalam toilet saat kamu sedang buang air besar (BAB).

Sebuah studi yang pernah dilakukan Universitas Arizona menyebutkan bawa 9 dari 10 smartphone berpotensi membawa virus penyakit yang disebabkan mikroba dan 16% dinyatakan positif dari kotoran.

Bakteri yang ditemukan di HP juga termasuk kuman yang bisa mengirimkan virus novo, salmonella, shigella, hepatitis A, MRSA, flu perut dan e-coli.

Nah, jadi penasaran kan? Berikut beberapa alasan kenapa kamu nggak boleh bawa masuk HP-mu ke dalam kamar mandi, terutama yang hobi banget masih mainin HP-nya saat sedang BAB, seperti dihimpun brilio.net dari Times of India, Senin (12/2):

 

Bikin cuci tangan sia-sia

Ketika kamu membawa HP ke dalam toilet sama saja membuat HP-mu tertempel kuman dan bakteri. Banyak ahli kesehatan mengatakan saat kamu membersihkan bokong dan tangan sesudah BAB, lalu langsung menggenggam HP sama saja membuat cuci tanganmu sia-sia. Sebab pada saat itu kuman yang masih menempel di tangan (tak terbilas dengan baik) langsung menempel di HP-mu.

Toilet umum sangat banyak terkontaminasi bakteri

Toilet rumahmu aja sebenarnya masih banyak kuman dan bakteri. Lalu apa jadinya dengan toilet umum? Bisa bayangin, kan?

Ya, toilet umum yang digunakan banyak orang itu jelas mempunyai kadar kontaminasi bakteri yang sangat kompleks.

Yakin HP yang kamu bawa ke toilet nggak ketempelan sama ribuan bakteri bekas orang-orang yang memakai toilet?

HP adalah tempat nyaman bakteri berkembang biak

Poin ini akan menjelaskan masalah utama kenapa HP nggak boleh dibawa ke dalam toilet. Beberapa peneliti mengatakan bahwa HP menjadi tempat yang nyaman untuk tinggal para bakteri.

Alasannya adalah HP adalah benda yang sering memanas dan bisa memberikan lingkungan yang hangat untuk bakteri bertahan dan tumbuh.

Bakteri juga dikatakan semakin bisa menempel di HP ketika terkena minyak makanan bekas dari tanganmu sendiri. Jadi, setelah tahu 3 hal ini, kamu masih mau bawa HP saat BAB? Duh, dipikir-pikir lagi, deh, ya! 

 

 

Penulis: Nisa Akmala

Sumber: brilio.net

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading