Editor Says: Menghadapi Calon Mama Mertua yang Banyak Maunya

Lanny Kusumastuti09 Mar 2018, 12:28 WIB
[Bintang] Ilustrasi Relationship

Fimela.com, Jakarta Menikah adalah salah satu impian banyak pasangan, yang mana untuk mewujudkannya kita butuh banyak persiapan dan pengorbanan, nggak cuma materi tetapi juga batin. Ya, buat kamu yang ingin menikah, jangan lupa persiapkan diri dan mentalmu ya, apalagi saat harus menghadapi calon mama mertua yang banyak maunya.

Rasanya terdengar menyeramkan ya? Tapi di sini saya mau menggambarkan realita yang mungkin akan kamu hadapi. Nggak seram-saram amat kok, tapi cukup bikin deg-degan dan bikin kelapa nyut-nyutan.

Pernikahan Nikah Menikah
ilustrasi Foto Pernikahan (iStockphoto)

Saya sendiri adalah orang yang nggak mau ribet. Impian saya soal pernikahan pun nggak jauh-jauh dari film-film yang saya tonton, di mana cukup ijab kabul dan makan-makan bareng keluarga dan teman- teman dekat di sebuah kebun kecil, dengan dekorasi sederhana.

Namun sayang, kenyataan yang harus diterima adalah pernikahan yang saya impikan benar-bena rcuma jadi mimpi, karena ego orangtua soal beginian ini lebih besar dari pada anak-anaknya. Pengen sih bilang "Kan aku yang mau nikah, ini pernikahan aku, jadi ya harus ikut maunya aku dong", tapi sayangnya kata-kata itu juga harus ditelan sendiri.

Baik, itu hanyalah awalan, anggaplah ini peringatan buat kamu saat harus menghadapi keinginan orangtua saat akan menikah. Dari sini, pelajaran yang bisa dipetik adalah kamu harus bisa memberikan pengertian lebih ke orangtua, kalau ingin mereka mengikuti apa yang kamu inginkan.

Kalau dulu orangtua kamu bakal nurutin dan ngasih apapun yang kamu mau, tapi soal pernikahan nggak akan semudah itu. Jadi siap-siap ya.

Menghadapi Maunya Calon Mertua

[Bintang] Ilustrasi Relationship
Kadang menghadapi mama mertua memang tak mudah. (Sumber Foto: jw.org)

Setelah orangtua sendiri, kamu juga akan menghadapi calon mertua yang nggak kalah banyak maunya. Buat yang dapat calon mertua nggak ribet dan banyak mau, bersyukurlah, karena itu adalah sebuah anugerah luar biasa yang akan membuat proses menuju pernikahan lebih mudah.

Ngomong-ngomong soal menghadapi calon mama mertua, saya sendiri agak sedikit kewalahan. Tak beda jauh dengan menghadapi maunya orangtua sendiri, tapi kalau ini, kita nggak bisa bicara seenaknya bahkan merajuk seperti yang suka dilakukan ke orangtua kandung.

Saat kamu harus menhadapi calon mama mertua yang banyak maunya, hal pertama yang dilakukan adakah mendengarkan maunya. Ya dengerin aja apa yang dia mau, kalau kamu kesal, telan dulu, jangan langsung menyanggah saat ia bicara.

Menolak Keinginan Calon Mama Mertua

[Bintang] Ilustrasi Relationship
Mau tahu gimana cara menolak keinginan calon mama mertua? (Sumber Foto: hercampus)

Setelah mendengarkan apa yang dia mau dan kamu nggak yakin bisa menyanggupi apa yang dia minta, coba kamu ajak dia melihat realitanya. Di sini kamu nggak bisa menghadapi sendirian, karena sebagai calon mantu, kamu nggak bisa dong ngomong yang ngak enak sama calon mama mertua, bisa-bisa gagal deh rencana masa depan.

Nah, di sini kamu butuh pasanganmu buat memberikan pengertian lebih kalau memang apa yang calon mama mertua kamu mau itu nggak bisa disanggupi. Kalau kamu dan pasanganmu sudah satu kepala, tentu ini akan menjadi hal yang lebih mudah ya.

Tapi kalau keinginan mama mertua kamu nggak bisa ditolak, sedangkan kamu nggak bisa menyanggupi sepenuhnya, kamu juga harus bilang. Jujur dan apa adanya akan bikin langkahmu lebih enteng.

Memberi pengertian, bicara baik-baik dan menunjukkan batas kemampuan kamu ke calon mama mertua bisa jadi jalan keluarnya. Tak perlu memaksakan sesuatu yang kamu nggak mampu, tapi kalau kamu berusaha mengikuti cara di atas, mudah-mudahan ada jalan tengah untuk menuntaskan maunya calon mama mertua yang banyak itu.

 

Lanny Kusumastuti,

Editor Kanal Lifestyle

Lanjutkan Membaca ↓